Angkasa Pura 2

Perkuat Pasar, Rusia Buka Pelabuhan Minyak Baltik

DermagaSenin, 9 April 2012
russian_oil

Rusia berusaha memperkuat ekspor minyak ke kawasan Eropa Utara dengan membuka pelabuhan minyak Laut Baltik. Dengan strategi itu, harga minyak Rusia bisa lebih kompetitif di pasar Eropa walaupu kandungan sulfurnya tinggi. Minyak Rusia dikenal memiliki kandungan sulfur tinggi seperti minyak dari kawasan Timur Tengah sehingga harganya kalah bersaing.

Selain itu, pembukaan pelabuhan minyak yang menghubungkan Rusia dengan kawasan Eropa Utara bisa meminimalisir risiko politik dibandingkan dengan transit melalui Belarusia dan Ukraina. “Moskow akan mendapat kontrol penting dalam pengiriman minyak mentah ke Eropa Tengah dan Utara,” kata analis JBC Enery GMbh, David Wech. Tahun lalu, sebanyak 28% ekspor minyak Rusia memlaui laut Baltik.

Rencana pembangunan koneksi langsung ekspor minyak Rusia merupakan program utama Putin, sosok yang akan memimpin Rusia untuk periode ketiga kalinya bila memenangi pemilihan presiden pada Mei mendatang.

Kebijakan pemerintah Rusia juga didukung langkah bisnis perusahaan asal negara tirai besi tersebut. Misalnya, trader minyak terbesar Vitol Grup bersama dengan Summa Grup telah menginvestasikan dana sebesar $1 miliar untuk membangun fasilitas kilang minyak di Rotterdam, pelabuhan terbesar di Eropa. Langkah ini diperkirakan mampu mendorong daya saing harga minyak Rusia di kawasan Eropa.

“Pasar akan memutuskan apakah keputusan investasi yang diperkirakan mulai 2015 akan meningkatkan daya saing minyak Rusia,” kata Jorge Montepeque, Global Director of Markets and Pricing at oil pricing and information company Platts di London pada 20 Februari lalu. (totar)

← Artikel Sebelumnya
Artikel Berikutnya →
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari