Angkasa Pura 2

Proyek Alur Pelayaran Barat Surabaya Ditender

DermagaSelasa, 10 April 2012
Pelayaran-Barat-Surabaya

Tender proyek perluasan dan pendalaman Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) di Pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur, dengan biaya Rp 637 miliar akan digelar Agustus tahun ini.

Lelang tersebut, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, Djarwo Surjanto mengutarakan digelar usai PT Pertamina Hulu Energy West Madura Offshore (PHE WMO) tuntas memindahkan jaringan pipa gas.

Karena tender baru digelar Agustus, dia menjelaskan maka proyek mulai dikerjakan September atau Oktober 2012 dan akan final pengerjaannya selama setahun. Sehingga pada khiar tahun depan atau awal tahun 2014, APBS bisa dilalui kapal dua arah.

Kondisi eksiting, alur tersebut sepanjang 25 mil laut, lebar 100 meter dan kedalaman minus 9,5 meter low water spring (LWS). Akibatnya, cuma bisa dilalui kapal secara searah lalu lintas (one way traffic). Kondisi ini tentu tak mampu mengimbangi tingginya arus lalu lintas kapal.

Dengan mendalamkan alur menjadi 16 meter LWS serta memperlebar menjadi 200 meter maka arus lalu lintas bisa dua arah (two way traffic).

DANA

Djarwo mengungkapkan dana untuk proyek tersebut sebenarnya merupakan kewajiban pemerintah pusat untuk menyediakannya. Tetapi karena alokasinya tidak kunjung muncul di APBN, akhirnya Pelindo III berinsiatifn untuk menanggungnya.

Dengan berbagai pendekatan, termasuk penjelasan soal rencana bisnis perusahaan, maka sejumlah BUMN lain dan BUMD bersedia untuk investasi. Sebanyak 30 persen akan ditanggung renteng BUMN lain dan BUMD. Sisanya sebanyak 70 persen akan diusahakan dari sumber perbankan.(irfan).

loading...