Angkasa Pura 2

OSJ, Polisi Tilang Ribuan Sepeda Motor

KoridorRabu, 18 April 2012
Motor 1

Selama berjalannya Operasi Simpatik Jaya (OSJ) 2012 selama 21 hari akhirnya berakhir. Satlantas Polresta Depok berhasil melakukan peneguran terhadap kendaraan bermotor sebanyak 3.137 kasus.

Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Ristro Samodra mengatakan, dari ribuan pelanggar yang mendapatkan teguran, didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua sebanyak 60 persen dan sisanya 30 persen kendaraan umum, pribadi, lalu pengguna jalan.

Operasi digelar di sepanjang Jalan Raya Margonda dan Jalan Raya Bogor dan tempat jalan perbatasan luar kota. “Dari angka hasil OSJ 2012 ini belum bisa dipastikan ada angka penurunan atau malah meningkat dibanding sebelumnya. Sebab masih perlu dirinci lagi,”ujarnya kepada Poskota di ruang kerjanya, Rabu (18/4) sore.

Angka teguran tersebut antara lain, adalah pelanggar trotoar sebanyak 499 kasus, disusul parkir on the street 516 kasus, lawan arus 337 kasus, pelanggaran angkot 764 kasus, dan sisa lainnya sebanyak 1.022 kasus.

Untuk menertibkan kendaraan tidak hanya dari OSJ, lanjut Ristro, namun pihaknya juga akan melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kesadaran bagi pengguna kendaraan dan khususnya pengguna jalan yang selama ini tidak peduli dengan aturan.

“Kita melakukan sosialisasi undang-undang lantas ke berbagai kalangan termasuk anak sekolah. Dan pemasangan spanduk himbauan, lalu rambu dan lampu lalu lintas yang dipasang dititik kemacetan supaya lebih teratur,” paparnya. (*)