Angkasa Pura 2

Truk Bertonase Lebih Akan Ditindak Tegas

KoridorRabu, 18 April 2012

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat akan menindak tegas kepada semua truk bermuatan beban lebih apabila beroperasi. Pasalnya, belakangan terakhir truk bermuatan lebih, terutama pengangkut pasir sering didapati melanggar aturan beban ini.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sukabumi, Ahmad Riyadi menegaskan, akibat muatan dari batas menyebabkan ruas jalan yang dilaluinya cepat rusak. Ironisnya, pelanggaran truk di wilayahnya kerapkali berulang, terutama truk bermuatan pasir.

“Kebanyakan truk pasir yang melintas di Sukabumi dan melanggar ketentuan terkait daya tampung muatan dari hasil dari pantauan di lapangan. Daya tampung maksimal seberat 22 ton pasir. Kenyataanya beban muatan mencapai 45 ton,” kata Riyadi kepada wartawan.

Kerusakan jalan ketika dilewati truk bermuatan lebih karena tidak mampu menahan berat kendaraan yang melintas, mengancam keselamatan para pengguna jalan raya lain. Imbas lainnya membuat macet arus lalu-lintas karena berjalan lamban. Truk yang melebihi muatan kemungkinan fungsi remnya tidak berfungsi secara baik.

“Ada dua rute yang seringkali dilalui truk bermuatan lebih ini yakni dari Sukabumi menuju Cicurug dan Cibadak menuju Cikembang, Kecamatan Cikembar. Kami akan menindak tegas kepada semua pelanggar ketentuan bermuatan beban lebih,” ujarnya. (kaka)

loading...