Angkasa Pura 2

Garuda Indonesia Resmikan GA-642 Jakarta – Gorontalo

KokpitMinggu, 22 April 2012
Logo Garuda

PT Garuda Indonesia, Minggu (22/4), meresmikan penerbangan GA 642 rute Jakarta – Gorontalo (transit) di Makassar. Peresmian tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Area Manager Eastern Indonesia, Suranto bersama-sama Gubernur Propinsi Gorontalo Rusli Habibi di Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta.

Sebelumnya penerbangan ke Gorontalo dilayani dari Makassar, sehingga penumpang dari Jakarta yang hendak menuju Gorontalo harus terbang terlebih dahulu ke Makassar dan kemudian mengambil penerbangan (pesawat) terpisah menuju Gorontalo. Mulai 22 April, melalui penerbangan GA 642, para pengguna jasa yang melakukan penerbangan dari Jakarta ke Gorontalo akan semakin nyaman karena tidak perlu pindah pesawat di Makassar.

Penerbangan Jakarta – Gorontalo dilayani setiap hari, berangkat dari Jakarta (GA 642) pukul 07.30 WIB dan tiba di Gorontalo pukul 13.05 WITA kemudian terbang kembali dari Gorontalo (GA 643) pukul 13.50 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 17.15 WIB. Penerbangan ini menggunakan pesawat Boeing jenis B737-800NG dengan kapasitas 156 penumpang dengan konfigurasi 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi.

Senior GM Area Indonesia Barat Garuda Indonesia, Suranto mengatakan, penerbangan dari Jakarta ke Gorontalo melalui satu nomor penerbangan (flight number) tersebut merupakan salah satu upaya agar penumpang semakin nyaman terbang dengan Garuda.

“Kedepannya penumpang tidak perlu berganti pesawat dan penumpang dari Jakarta akan lebih terjamin untuk mendapatkan tempat duduk hingga ke Gorontalo. Hal ini juga untuk mendukung percepatan perkembangan ekonomi Gorontalo dengan meningkatkan “connectivity” Gorontalo terhadap jaringan penerbangan Garuda di domestik maupun internasional,” kata Suranto.

Gubernur Propinsi Gorontalo, Rusli Habibi menyambut baik penerbangan GA 642 tersebut karena akan semakin memudahkan masyarakat untuk melaksanakan penerbangan dari dan menuju Gorontalo.

Sejalan dengan program pengembangan jaringan perusahaan, Garuda Indonesia pada tahun 2012 ini telah dan akan membuka beberapa rute internasional seperti Denpasar – Haneda efektif 27 April 2012, dan Jakarta – Taipei efektif 24 Mei 2012.

Sementara itu untuk penerbangan domestik, pada tahun ini Garuda Indonesia juga telah membuka rute baru Bandung-Surabaya dan menambah frekuensi penerbangan di beberapa rute antara lain Jakarta – Pekanbaru dari lima kali menjadi enam kali setiap hari; dan Jakarta – Batam dari empat kali menjadi lima kali setiap hari. (Ali S)