Angkasa Pura 2

Keselamatan Unsur Terpenting Industri Penerbangan

KokpitSelasa, 24 April 2012
Herry Bakti

Aspek safety atau keselamatan merupakan unsur yang paling penting dalam dunia penerbangan dan harus menjadi perhatian para pelaku industri penerbangan, baik operator penerbangan atau operator bandar udara. Hal itu dikemukakan Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kementerian Perhubungan Kemenhub Herry Bakti dalam acara Airport Excellence in Safety di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (23/4).

Menurutnya, beberapa tahun belakangan ini, transportasi udara mengalami perkembangan yang sangat pesat bahkan cenderung signifikan. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah penumpang dan kargo yang diangkut serta pengembangan rute penerbangan di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu banyak bandar udara yang saat ini tengah diusahakan untuk dikembangkan dikarenakan kapasitasnya yang sudah tidak mencukupi.

“Hal ini merupakan berita baik bagi dunia penerbangan Indonesia sekaligus tantangan besar untuk dapat terus meningkatkan sarana serta fasilitas pendukung angkutan udara yang berdasarkan pada koridor 3S + 1C, yaitu Safety, Security, Service, Compliance,” kata Herry Bakti.

Herry mengatakan, sebagai pengelola bandar udara terbesar di Indonesia, PT Angkasa Pura II diharapkan selalu memperhatikan aspek safety baik di dalam lingkungan bandar udara maupun di areal sekitar.

“ Hal tersebut harus menjadi perhatian utama. Terlebih lagi PT Angkasa Pura II merupakan pengelola Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandar udara sebagai pintu masuk utama,” ujarnya.

Herry berharap, acara Airport Excellence in Safety dapat membuka wawasan dan cara pandang yang lebih tajam terhadap peningkatannya.

“Dengan adanya acara seperti ini dengan melibatkan para ahli di bidang kebandar udaraan baik tingkat internasional, maka kita dapat bertukar infomasi demi peningkatan mutu bandar udara tidak hanya semata-mata dari sisi safety namun secara keseluruhan operasional bandar udara dan manajemen bandar udara,” kata Herry.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas sumber daya manusia penerbangan di Indonesia, terutama untuk hal-hal yang terkait dengan kebandarudaraan.

“Saya percaya, dengan adanya acara ini akan semakin mamacu kita untuk dapat meningkatkan keselamatan dalam transportasi udara. Dan tentunya dengan begitu kita akan dapat bersaing dengan bandar udara kelas dunia sekaligus membawa nama baik Indonesia di mata internasional,” ujarnya. (Ali S)

loading...