Angkasa Pura 2

Kendaraan Bermotor Dilarang Lewat Jl. Sudirman – Thamrin

KoridorKamis, 10 Mei 2012
Macet di Jalan Sudirman

JAKARTA (Berita Trans) – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day, mulai Minggu (13/5/2012), diberlakukan untuk jalur cepat dan lambat di sepanjang Jalan Sudirman – Thamrin, Jakarta Pusat. Dengan demikian, jalan tersebut tak boleh lagi dilintasi kendaraan, termasuk sepeda motor.

 

Penutupan jalan bagi kendaraan bermotor itu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengemukakan berlaku setiap Hari Minggu. Hanya durasi waktunya diperpendek satu jam yakni dari jam 06.00 – 12.00 menjadi 06.00 – 11.00. ).”Kebijakan ini merupakan respon Pemprov DKI Jakarta terhadap aspirasi masyarakat yang merindukan pemulihan kualitas udara yang lebih baik di kota Jakarta. Begitu juga untuk memberikan ruang interaksi publik bagi warga Jakarta,” jelasnya, Kamis (10/5/2012).

Gubernur juga mengutarakan sejalan dengan perubahan tersebut, maka dapat dipisahkan penggunaan jalan. Jalur lambat untuk pejalan kaki, sedangkan jalur cepat untuk pengendara sepeda. cepat. “Untuk pejalan kaki maupun pesepeda akan dibagi lagi menjadi dua kelompok yakni kelompok anak-anak dan orang tua atau santai dan kelompok dewasa atau mahir,” jelasnya.

Sedangkan di tingkat kota, HBKB dilaksanakan setiap sebulan sekali pada hari Minggu pada pukul 06.00-11.00 WIB. Di Jakarta Pusat digelar HBKB di Jalan Letjen Soeprapto, mulai dari persimpangan Jalan Letjent Soeprapto-Jalan Jendral Ahmad Yani-fly over Galur. Jakarta Utara; di Jalan Danau Sunter Selatan atau mulai dari persimpangan Jalan Danau Sunter Selatan sampai dengan Jalan Danau Sunter Barat.

Sedangkan di Jakarta Barat yakni di Kawasan Kota Tua Taman Sari, dengan rute Jalan Kali Besar-Jalan Kali Besar Timur-Jalan Kali Besar Barat-Jalan Kopi-Jalan Kali Besar Timut 2-sebagian Jalan Kali Besar 3-Jalan Kali Besar Timur 4-Jalan Kali Besar Timur 5-Jalan Pos Kota. Di Jakarta Timur di Jalan Pemuda yakni mulai dari simpang Arion sampai dengan simpang Tugas. Di Jakarta Selatan, yakni di Jalan Sisingamangaraja mulai dari persimpangan Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja (CSW)-Tugu Selamat Datang.

JALAN ALTERNATIF

Untuk mengakomodasi kebutuhan aksesibilitas pengguna jalan lain, selama pelaksanaan car free day, Pemprov DKI telah menyiapkan jalur-jalur alternatif yang dilengkapi rambu-rambu petunjuk, ditambah dukungan petugas dari Dishub DKI dan aparat Polda Metro Jaya.(sofie).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari