Angkasa Pura 2

85 Orang Meninggal di Jalan Setiap Hari

KoridorSabtu, 2 Juni 2012
macet1

JAKARTA (Berita Trans) – Setiap hari rata-rata 85 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Dari jumlah korban tersebut, sebagian besar yakni mencapai 80 persen merupakan pengendara sepeda motor.

Karena itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suroyo Alimoeso mengutarakan perlu terus digelorakan upaya soisialisasi untuk menyadarkan tentang keselamatan berlalu lintas. Selain itu, pertumbuhan pemakaian kenmdaraan bermotor di jalan perlu dibatasi.

“Perlu ada upaya untuk mengalihkan pemakaian kendaraan pribadi ke angkutan umum. Migrasi ini mesti secara massif sehingga terjadi penurunan penggunaan kendaraan bermotor di jalan, yang pada gilirannya menbgurangi tingkat kecelakaan,’ ungkap dirjen dalam diskusi bertema Upaya Melindungi Pesepedamotor dari Ancaman Maut di Jalan Raya. Acara itu digelar Forum Wartawan Perhubungan di Ruang Nanggala Gd Cipta Kemenhub, kemarin.

Suroyo menjelaskan pertumbuhan jumlah motor di Indonesia mencapai 20 persen per tahun. Namun pertumbuhan cepat ini tidak diikuti oleh sarana infrastruktur maupun tata cara berlalu lintas yang baik bagi pengendara. Meskipun belum ada kebijakan yang menyeluruh, pembatasan perlu dilakukan. Di antaranya dengan beralih menggunakan angkutan umum dan motor diparkir di tempat khusus, maupun membuat motor dengan kecepatan rendah.

Sementara itu, Kasubid Dikpen Dikmas Korlantas Polri, AKBP K Pinem.mengatakan jumlah kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas selama 2011 lalu. Tercatat 210.701 kecelakaan. Angka tersebut naik lima persen dari 2010 sebanyak 203.334 kecelakaan.

Dari angka tersebut, kendaraan roda dua menyumbang jumlah paling tinggi dibanding kendaraan bermotor Untuk mengurangi jumlah keelakan, Menurut akbp Pinem, Pelajar akan diberi pendidikan disiplin berlalu lintas. Materi ini penting bagi pengendara usia dini untuk mencegah kecelakaan transportasi darat, terutama kendaraan bermotor.(resi)