Angkasa Pura 2

Puluhan Tahun Bus Mayasari Bhakti Layani Trayek Jakarta – Bekasi

KoridorSabtu, 9 Juni 2012
riska

BEKASI (Berita Trans) – Bus Mayasari Bhakti menjadi bagian dari mobilitas warga Bekasi sealama puluhan tahun terakhir. Dari pagi hingga jelang pagi lagi, buskota itu melayani warga di koridor Bekasi – Jakarta.

Data yang dihimpun Berita Trans di Terminal Bekasi, ada 44 bus Mayasari Bhakti beroperasi melayani pengguna jasa. Sebanyak 20 bus di antaranya merupakan bus berpendingan udara (AC). Dengan jumlah bus tersebut maka perusahaan otobus menjadi perusahaan terbesar yang beroperasi di sana. Posisi selanjutnya ditempati Primajasa dan Budiman.

Dengan puluhan armada tersebut, Mayasari di antaranya melayani trayek Tanjung Priok, Grogol, Kampung Rambutan, Cililitan, Kota dan Kalideres. Bus tersebut seluruhnya melintasi jalan tol yakni lewat gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

Tarifnya Rp6.500 untuk patas AC, kecuali jurusan Kalideres Rp. 7.000 dan Cikarang Rp. 9.000 berdasarkan jarak tempuh. Tetapi tarif untuk patas non-AC Rp4.500. Jarak waktu keberangkatan (headway) antara bus dengan bus selanjutnya berkisar 20 menit. Kapasitas penumpang angkut bus berjumlah 60 orang.

“Itu juga tergantung situasi dan kondisi. Kadang di jalan kita masih ambil penumpang biarpun kapasitas untuk kursi sudah penuh. Kasihan mereka yang ingin cepat sampai rumah,” jelas Unggul Kisbiantoro, salah satu kondektur Mayasari jurusan Tanjung Priok, kemarin.(Riska, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara, Bekasi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari