Angkasa Pura 2

Christiono Haribowo Berjuang STTD Ikatan Dinas Lagi

SDMJumat, 15 Juni 2012
chris

TAK sekadar mesti memproduksi SDM bidang transportasi darat mumpuni, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) juga harus berjuang agar institusi pendidikan di bawah Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan tersebut bisa menerapkan ikatan dinas bagi tarunanya.

Merealisasikan agar lulusan STTD otomatis berstatus sebagai PNS itu menjadi salah satu pekerjaan rumah RH Christiono Haribowo, yang baru beberapa hari menduduki jabatan sebagai ketua STTD. Jabatan orang nomor satu di institusi pendidikan tersebut ditinggalkan Sugihardjo yang dipromosikan sebagai Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat).

Christiono merupakan ketua STTD yang kali pertama merupakan lulusan perguruan tinggi di Jalan Raya Setu, Cibuntu, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tersebut. Mantan Kasubdit Angkutan di Direktorat BSTP Ditjen Hubdat tersebut lulus Pendidikan Dinas Program Dipl III Akademi Lalu Lintas (nama sebelum STTD) pada Januari 1985.

Pria kelahiran Semarang, 27 Desember 1957, yang meraih pasca sarjana dari Universitas Indonesia, tahun 2004 itu pernah menjadi Kepala Seksi Pengendalian, Cab Dinas LLAJ Malang, dan Kepala Seksi Pengendalian Cab Dinas LLAJ Surabaya I.

Selain itu, menjadi staf Bag Umum Ditjen Hubdat, staf Bagian Perencanaan Setditjen Hubdat, Kepala Seksi Angkutan Penumpang Tidak Dalam Trayek Direktorat BSLLAK, Kepala Seksi Angkutan Penumpang Tidak Dalam Trayek Direktorat BSTP, dan Kasubdit Dampak Transportasi Perkotaan Direktorat BSTP

STATUS PNS
Kepada beritatrans.com, Christiono mengutarakan dengan sistem ikatan dinas seperti pernah diterapkan di STTD maka alumni tak perlu repot lagi melamar menjadi PNS di kementerian perhubungan atau pemerintah daerah (pemda). Karena itu, sistem ikatan dinas lebih baik diterapkan lagi sehingga begitu lulus maka status PNS kontan disandang.

“Semoga Allah mempermudah saya meneruskan perjuangan Pak Jojo (Sugihardjo, ketua STTD sebelumnya, red) agar ikatan dinas ini dapat kembali diterapkan,” jelas pria, yang dikenal kutu buku ini.

Pemberlakuan sistem ikatan dinas itu dibutuhkan juga berbasis argumentasi dibutuhkan segera peningkatan kompetensi petugas di dinas perhubungan. Data di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, memperlihatkan dari 26.000 pegawai Dinas Perhubungan, hanya 15% memenuhi syarat kompentensi di bidangnya.

Padahal jumlah kendaraan bermotor dan kereta api di Indonesia terus meningkat dengan berbagai persoalan kompleksnya. Bila SDM di dinas perhubungan di pemda tak memiliki kompetensi dan skill secara teknis maka persoalan lalu lintas dan angkutan jalan bakal semakin parah.

Selain masalah tak bersistem ikatan dinas, dia mengemukakan lulusan STTD mesti berhadapan dengan fakta adanya moratorium (penghentian sementara) rekrutmen PNS. Padahal, sebelumnya sekitar 95 persen lulusan STTD diserap oleh pemerintah daerah, sisanya oleh kementerian perhubungan.

Karenanya, dia menuturkan untk memberlakukan kembali sistem ikatan dinas tersebut segera berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi, serta Kementerian Dalam Negeri.

PRODI & KURIKULUM
Di samping urusan memperjuangkan sistem ikatan dinas, Christiono mengutarakan program kerja yang mesti difokuskan adalah peningkatan Program Pendidikan (Prodi) antara lain Diploma IV Perkeretaapian, Program Diploma IV LLAJ, dan Program Diploma III Logistik.

Kontekstual dengan peningkatan itu, suami dari Niniek Ch itu mengemukakan dibutuhkan peninjauan seluruh kurikulum, sehingga mengikuti dinamika tuntutan dan pesatnya perkembangan teknologi transportasi darat.

“Kami juga terus membangun kerjasama konkret dengan perguruan tinggi di mancanegara agar dapat merealiasikan antara lain terbangunnya international library, serta aksesibilitas penerimaan alumnus untuk meningkatkan jenjang pendidikan,” jelasnya.

Dia menjelaskan agar STTD dapat lebih kompetitif dan informatif, maka segera diupayakan koordinasi konkret dengan Pemprov Jabar dan Pemkab Bekasi guna pembangunan akses prasarana ke kampus STTD. “Sejalan dengan upaya itu, maka kami mesti meningkatkan kualitas kamar hunian dan berbagai fasilitas untuk taruna-taruni,” ujarnya.

Peningkatan fasilitas sebagai bagian dari pelayanan kepada taruna, Christiono menuturkan karena STTD tak hanya menggelar pendidikan dengan jenjang diploma, tetapi juga menggelar pendidikan dan latihan (diklat) yang waktunya singkat dan diikuti peserta non-taruna reguler.

Diklat Manajemen Transportasi Perkotaan, Diklat Analisi Dampak Lalu Lintas, Diklat Fasilitas LLAJ, Diklat Kendaraan Bermotor Dasar, Diklat Manajemen Kepengusahaan Angkutan Umum, serta Diklat Teknik dan Pengendalian Persimpangan.

Selain itu, Diklat Safety and Defensive Driving, Diklat Penggunaan Peralatan Survey Lalu Lintas, Diklat Teknik Perhitungan Tarif Angkutan, Diklat Pemandu Moda Transportasi Darat, Diklat Penyusunan Grafik Perjalanan Kereta Api, dan Diklat Teknik Operasi Kereta Api

Sederetan pekerjaan rumah yang bakal dikerjakan oleh Christiono memang begitu berat. Tetapi diyakini sejumlah kalangan kementerian perhubungan dan STTD meyakini ayah dari 3 anak dan kakek dari tiga cucu ini akan mampu menyelesaikannya lebih cepat lagi.

Percepatan itu dimungkinkan karena selain dikenal sebagai sosok smart dan luas network-nya, Christiono tak lagi dibebani oleh mesti juga konsentrasi mengurus anak. Tiga anaknya sudah seluruhnya bekerja dan menikah, bahkan memberinya tiga cucu.

Anak tersebut; Rachmadi Hermawan (Junior Manager Bank Danamon, Jakarta), Thomas Chris Adithya (Accounnt Manager PT Jankar Indonesia-Balikpapan), serta Theophillia Chris Andwina (Marketing Manager di PT Invio, Jakarta). “Aku malah ikut ngurusi cucu,” tutur Christiono sambil tertawa.(agus wahyudin).

  • Dodisaputro

    SEMOGA BENAR BENAR MANJADI KENYATAAN . . .

  • agung dwiputra N

    apakah POLTRAN TEGAL juga termasuk nantinya akan di ikatan dinas kan?

  • JUWARI

    Kami menyambut baik atas perjuangan bapak.semoga bapak selalu dikaruniai kesehatan, murah rezki sehingga perjuangan bapak dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. SELAMAT BEKERJA DAN BERJUANG BAPAK, TUHAN AKAN SELALU MELINDUNGI DAN MERIDHOI BAPAK BESERTA KELUARGA.AMIN.MAJU TERUS STTD!!!

  • Yuli

    Tolong diperjuangkan pak.terima kasih

  • Ira Prihapsari

    apakah tahun 2014 sttd ikat dinas lagi ?