Angkasa Pura 2

Musim Liburan Sekolah, Truk Numpuk di Merak

DermagaSenin, 25 Juni 2012
Merak

MERAK (BeritaTrans) – Memasuki masa liburan Sekolah, jumlah penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung naik sekitar 5%. Akibatnya terjadi antrean kendaraan truk di Pelabuahan Merak. Bahkan antrean sempat memanjang sekitar 2 km dari Tol Tangerang-Merak atau sekitar 10 km dari gerbang pelabuhan.

Plh Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Didi Juliansyah, membenarkan sempat terjadi antrean panjang hingga memasuki ruas jalan tol.

“Untuk hari ini antrean di luar dermaga sudah berhasil kita urai. Antrean kendaraan saat ini hanya ada di dalam pelabuhan saja,” terang Didi Juliansyah, ditemui di Merak, Senin (25/6).

Didi mengatakan, jumlah penumpang yang menyeberang kurang lebih mencapai 4.600 orang, sementara jumlah kendaraan yang menyeberang sebanyak 6.500 unit kendaraan. Untuk mengantisipasi terjadinya antrian, menurut Didi, ASDP Merak mengoperasikan kapal roro sebanyak 21 unit.

“Dengan 21 kapal roro mudah-mudahan bisa mengangkut seluruh truk yang masih ada dermaga. Aktifitas pengiriman barang ke Pulau Sumatera pada Senin juga relatif sedikit,” kata Didi.

Menurut Didi, kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan Penyeberangan Merak, kebanyakan kendaraan pribadi, kendaraan roda dua, dan truk mengangkut sembako untuk kebutuhan jelang puasa. (hyn)

loading...