Angkasa Pura 2

Liburan, Arus Penumpang di Pelabuhan Makassar Meningkat

DermagaRabu, 4 Juli 2012
Ciremai

MAKASSAR (Berita Trans) – Selama bulan Juni, termasuk masa liburan sekolah, jumlah penumpang kapal yang melalui Terminal Penumpang Soekarno-Hatta Makassar meningkat cukup signifikan. Bahkan bisa naik hingga 1000 penumpang per hari.

“Biasanya penumpang yang turun dan naik melalui terminal ini hanya sekitar 300-400 orang per hari. Peningkatan itu mungkin terkait liburan sekolah, puasa, dan lebaran,” kata Wakil Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar sekaligus Pelaksana Terminal, Supratman kepada Berita Trans di Makassar, kemarin.

Supratman mengatakan, total kapal yang dilayani terminal penumpang Soekarno-Hatta sebanyak 18 unit yang terdiri dari 15 unit kapal milik PT Pelni dan 3 kapal milik perusahaan swasta.

Berdasarkana data bulan Mei 2012, jumlah penumpang yang naik melalui terminal ini mencapai 20.589 orang, penumpang turun 24.671 orang, dan penumpang lanjutan 19.854 orang.

Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang yang rata-rata 1000 orang per hari itu masih tergolong biasa saja. Kondisinya akan berbeda bila pada saat musim angkutan lebaran.

“Peningkatannya bisa berlipat-lipat dari jumlah sekarang. Kami bahkan sampai harus mendirikan tenda karena terminal yang memiliki kapasitas 1000 orang ini tidak lagi mampu menampung jumlah penumpang,” kata Supratman.

Supratman mengaku, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang, pihaknya hingga saat ini masih bisa mengoptimalkan ruang-ruang tunggu terminal. Juga menyediakan tiga konter untuk mereka yang berangkat dan membeli tiket secara mendadak.

“Satu yang masih menjadi persoalan buat kami, yaitu menertibkan para pengasong dan penjual kaki lima,” kata Supratman.

Ia mengatakan, saat ini sedikitnya ada sekitar 300 pengasong dan pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar terminal penumpang, bahkan ada yang berjualan hingga ke sisi kapal.

“Padahal kami pernah meraih penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Menteri Perhubungan pada 2010 lalu. Tahun ini kami gagal meraih pernghargaan itu karena para pengasong terus berusaha merangsek ke dalam terminal,” katanya.

Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar Wahyu Hidayat mengatakan, kondisi penumpang di Pelabuhan Makassar memang relatif biasa saja. Meskipun ada peningkatan, tetapi jumlahnya masih belum terkategori luara biasa.

“Meskipun demikian, kami sudah membentuk posko angkutan lebaran karena saat itu bisa dipastikan peningkatan jumlah penumpang sangat tinggi,” kata Wahyu Hidayat. (ali)

loading...