Angkasa Pura 2

Makassar New Port Segera Dibangun

DermagaKamis, 5 Juli 2012
Pelabuhan Makassar

Makassar New Port (MNP) segera akan dibangun paling lambat awal tahun 2013 mendatang. Sebagai persiapan, saat ini tengah dikaji ulang masterplan MNP yang diharapkan dapat diselesaikan paling lambat akhir tahun ini. tenderkan paling lambat akhir tahun ini.

“Bila masterplan sudah selesai, kita bisa segera mengajukan surat ke Ditjen Perhubungan Laut untuk melakukan tender. Mudah-mudahan awal tahun depan sudah bisa dilakukan pembangunan tahap pertama,” kata Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar Wahyu Hidayat kepada Berita Trans, kemarin.

Menurut Wahyu Hidayat, Makassar New Port merupakan pengembangan Pelabuhan Makassar yang saat ini dirasa sudah semakin padat.

“Kapasitas dermaga Soekarno-Hatta yang ada saat ini sekitar 5 juta ton. Sementara pergerakan kargo pada 2010 sudah mencapai 4,985 juta ton. Artinya Pelabuhan Makassar sudah sangat sibuk dan nyaris kelebnihan beban,” katanya.

Wahyu Hidayat mengatakan, masterplane MNP sebenarnya sudah ada yang merupakan hasil kajian pada tahun 2004 lalu. Namun masterplane tersebut hingga sekarang masih belum bisa dijalankan karena dianggap kurang begitu menarik bagi investor.

“Makanya sekarang sedang dikaji ulang yang mencakup penambahan lahan sekitar 200 hektare yang dalam masterplane sebelumnya belum ada. Penambahan lahan 200 hektare tersebut rencananya sebagai kawasan komersial,” kata Wahyu Hidayat.

Sebagai alternatif dalam mengatasi kesibukan di Pelabuhan Makassar, pihaknya kini mengalihkan sebagian kegiatan bongkar muat kargo ke terminal Paotere yang selama ini dimanfaatkan untuk Pelabuhan Rakyat.

Selain itu, Otoritas Pelabuhan Makassar juga memanfaatkan Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru yang berjarak sekitar 102 kilometer dari Kota Makassar. Pelabuhan Garokong merupakan pelabuhan alam yang terlindung oleh Pulau Panikiang di depannaya. Kedalamannya hingga 17 meter LWS sehingga cocok untuk kapal breakbulk dan multipupose berukuran besar seperti 35.000 hingga 60.000 DWT. (ali)

loading...