Angkasa Pura 2

2014, Pengembangan Kampus PIP Makassar Diharapkan Selesai

SDMMinggu, 22 Juli 2012
Dir PIP Makassar

JAKARTA (Berita Trans) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt. Bobby R Mamahit berharap pengembangan kampus Pendidikan Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar bisa rampung pada 2014 mendatang. Lembaga pendidikan ini nantinya akan menjadi kampus terpadu untuk pendidikan di sektor laut, darat, dan udara.

“Total luas lahan kampus terpadu itu nantinya akan mencapai sekitar 54 hektare,” kata Bobby kepada beritatrans.com di Jakarta.

Menurut Bobby, lahan seluas 54 hektare tersebut akan digunakan untuk kampus ilmu pelayaran 30 hektare, kampus ilmu transportasi udara 14 hektare, dan kampus ilmu transportasi darat 10 hektare. Lahan yang telah tersedia sekitar 70 persen, sisanya 30 persen lagi direncanakan akan mereklamasi pantai.

“Kampus yang sudah mulai dibangun adalah untuk kampus pelayaran termasuk gedung rektorat dengan anggaran tahun 2012 ini sekitar Rp17 miliar. Sedangkan untuk sektor udara baru dibangun pagar pembatas dengan anggaran sekitar Rp3 miliar,” kata Bobby.

Bobby mengatakan, salah satu alasan pengembangan PIP Makassar ini karena kampus yang ada kondisinya sudah kurang memadai. Dengan luas lahan sekitar 5,4 hektare dan jumlah taruna yang telah mencapai 900 orang, kampus PIP Makassar sudah penuh sesak. Sementara peminat yang ingin sekolah di PIP Makassar terus meningkat.

“Bahkan untuk parkir kendaraanpun sekarang sudah susah,” tuturnya.

Senada dengan Bobby, Direktur PIP Makassar Edy Santoso mengatakan, saat ini banyak calon taruna yang terpaksa tidak bisa diterima di kampusnya. Selain karena persoalan syarat akademis, kondisi luas kampuspun sudah tidak memungkinkan menerima lebih banyak taruna.

“Tahun ini siswa yang mendaftar sekitar 1.720 orang. Tetapi yang bisa kami terima hanya sekitar 300 taruna yang terdiri dari taruna ATT 120 siswa, taruna ANT 120 siswa, dan taruna KTL 60 siswa,” kata Edy Santoso.

Edy Santoso berharap, khusus untuk pembangunan kampus PIP bisa diselesaikan hingga akhir tahun ini. “Dan pada 2013 mendatang sebagian proses belajar mengajar sudah bisa dipindahkan,” ujarnya. (aliy)

  • Maitri_surya

    kapan pembebasan lahan kampus pip makassar di selesaikan??????