Angkasa Pura 2

H+2 Arus Balik di Stasiun Senen Masih Sepi

EmplasemenSelasa, 21 Agustus 2012
Stasiun Pasar Senen

JAKARTA (Berita Trans) – Memasuki H+2, Selasa (21/8), jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta melalui Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta masih sepi. Para pemudik justru masih mendominasi penumpang di Stasiun Pasar Senen.

“Stasiun Pasar Senen hari ini memberangkatkan sekitar 15.000 penumpang sementara sampai pagi tadi baru menerima sekitar 6.000,” kata Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional I Mateta Rijalulhaq.

Mateta mengatakan bahwa ke-15.000 penumpang tersebut memilih pulang ke kampung halaman masing-masing pada hari ini karena tidak mendapatkan tiket untuk kereta yang berangkat sebelum Idul Fitri.

Masih ramainya arus mudik menurut Mateta disebabkan karena kebijakan PT KAI yang hanya menyediakan tiket kereta api dengan tempat duduk. Dengan langkah tersebut, tidak ada lonjakan penumpang (jumlah keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen hari ini kurang lebih sama dengan H-1 lebaran).

“Karena kebijakan PT KAI yang tidak menyediakan tiket berdiri, tidak ada lonjakan penumpang kereta api dari Stasiun Pasar Senen sejak arus mudik dimulai pada H-3 lalu,” kata Mateta.

Sementara untuk arus balik, Mateta mengatakan bahwa kedatangan penumpang ke Stasiun Pasar Senen belum bisa disebut dengan istilah tersebut karena jumlahnya masih sedikit.

Mateta memperkirakan bahwa arus balik di Stasiun Senen akan memuncak pada tanggal 25 Agustus atau H+6 karena aktivitas kerja akan dimulai pada hari Senin setelahnya.

“Tanggal tersebut adalah tanggal favorit karena jatuh pada hari Sabtu, kebanyakan anak sekolah dan pegawai akan memulai aktivitasnya pada hari Senin,” kata Mateta. (antara)