Angkasa Pura 2

Air Kering di Toilet Kereta Cireks, Kadaop Langsung Sidak

EmplasemenSabtu, 25 Agustus 2012
2012-08-25 13.30.4

CIREBON – (Berita Trans) – Naik kereta Cirebon Ekspres (Cireks) dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (25/8\2012), jam 11, mendapatkan pengalaman unik. Toilet di gerbong 5 kering kerontang alias tanpa air. Sejumlah penumpang, yang terlanjur ke toilet untuk buang hajat, karuan saja kelimpungan.

Saya juga kadung masuk ke toilet itu. Karena kebelet, tanpa cek air dulu, segera saja buang air kecil. Namun betapa kagetnya ketika hendak dibasuh, kran dan shower tak mengeluarkan setetes pun air. Beruntung membawa tissue di saku, sehingga, bisa dipergunakan untuk membasuh.

Saya ingin memberitahu kepada penumpang lainnya soal ketiadaan air di toilet. Namun beberapa orang sudah masuk secara bergantian ke toilet, sedangkan posisi tempat duduk saya jauh dan agak repot untuk memberitahu mereka satu-persatu.

Walhasil, beberapa penumpang ngedumel. Di antaranya mesti balik lagi sambil menenteng botol air mineral. Saya susah membayangkan kalau di antara mereka sudah ada yang terlanjur buang hajat besar.

Saya berinisiatif mengirim info soal toilet itu ke Kepala Daerah Operasi (Kadaop) 3 Cirebon PT KA Berlin Barus. Pesan singkat via seluler dikirim. Tak ada jawaban. Mungkin beliau tak kenal nomor telepon seluler saya.

Kereta lalu berhenti di Stasiun Jatibarang untuk transit sebentar. Tiba-tiba muncul Berlin Barus bersama stafnya. Dia segera memeriksa toilet, termasuk di gerbong 5. Berlin juga memerintahkan agar toilet itu segera diisi air setelah tiba di Stasiun Cirebon.

Terlepas pengisian air itu terlambat karena penumpang sudah turun di Stasiun Cirebon, aksi Berlin patut mendapat apresiasi tinggi.

Sebagai eksekutif BUMN, sebagai eksekutif di korporasi transportasi publik, dia begitu cepat dan tanggap merespon aspirasi serta keluhan konsumen. Dia cepat muncul untuk memastikan bahwa persoalan bisa segera diatasi.

Hebatnya lagi dia betul-betul bekerja di hari Sabtu, hari yang sebagian besar pejabat publik bersama keluarga menikmati liburan akhir pekan dan sekaligus melanjutkan silaturahmi Lebaran.

TERISI PENUH
Kepada beritatrans.com, Berlin Barus mengemukakan sebenarnya toilet di seluruh gerbong kereta sudah penuh terisi air sejak dari Stasiun Cirebon menuju Gambir. Tetapi kemungkinan besar penumpang di gerbong 5 menggunakan air berlebihan sehingga air habis ketika kereta hendak balik dari Stasiun Gambir menuju Cirebon dan Tegal.

“Air langsung kami isi di Cirebon sebelum kereta melanjutkan perjalanan ke Tegal. Kami memohon ketidaknyaman ini. Kami akan mengingatkan penumpang agar hemat menggunakan air sehingga tak sampai habis,” tuturnya.(agus w).

loading...