Angkasa Pura 2

Pengusaha PO Dilarang Sewakan Bus

KoridorSabtu, 25 Agustus 2012
bus-mudik 1

MERAK (Berita Trans) – Para pengusaha Perusahaan Otobus (PO) dilatang menyewakan armadanya kepada wistawan pada puncak arus balik lebaran yang diprediksi akan terjadi hari ini, Sabtu (25/8). Pasalnya, bila armada digunakan untuk berlibur, suplai armada akan berkurang dan pemudik akan terlantar. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Terminal Terpadu Merak (TTM) Kota Cilegon Irwansyah kemarin (24/8).

“Kami sudah berikan surat edaran terkait hal itu kepada para pengusaha bus. Bila ada yang tetap membandel kami akan beri mereka sanksi tegas,” katanya.

Irwansyah mengatakan, saat ini bus yang disiagakan kurang lebih sebanyak 520 bus dan cadangan berjumlah 125 unit.

“Untuk 520 bus saat ini sudah berada di terminal menunggu penumpang dari Bakauheuni. Sedangkan bus cadangan posisinya ada di pool masing-masing namun siap bergerak jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujar Irwansyah.

Menurutnya, saat ini jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus melalui Terminal Terpadu Merak mengalami peningkatan dibanding sebelumnya namun semuanya berjalan lancar. “Sejauh ini bus-bus yang kita siapkan sudah mampu mengangkut seluruh penumpang yang tiba di TTM untuk diantar kesejumlah kota di Pulau Jawa,” kata Irwansyah.

Terpisah, Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Supriyanto memperkirakan, puncak arus balik akan menembus angka 80.000 pemudik yang datang dari Pelabuhan Bakauheuni, Lampung.

“Kami prediksi akan sebanyak itu,” katanya.

Dia menambahkan, pada arus balik, jumlah kapal yang dioperasikan sebanyak 34 kapal roro. pihaknya juga, kata Supriyanto akan mempercepat bongkar muat serta memperbanyak trip kapal agar pemudik di Pelabuhan Bakauheuni bisa terangkut.

“Dari sini (Merak, red) akan bantu mempercepat bongkar muat agar kapal segera kembali ke Bakauheuni,” katanya.

Kapolda Banten, Brigjen Pol Eko Hadi Sutedjo mengingatkan kepada para pemudik agar berhati-hati dan waspada selama dalam perjalanan. Sebab, tindak kriminal pada arus balik, juga akan tetap terjadi mengincar para pemudik.

“Bagi yang berkendaraan pribadi jangan ugal-ugalan dijalanan. Begitupun yang menggunakan sarana umum kami minta waspada dan berhati-hati selama dalam perjalanan,” kata Kapolda Banten.

Eko Hadi Sutedjo mengatakan, tindak kriminalitas terhadap para pemudik arus balik tidak akan jauh berbeda dengan tindak kejahatan pada saat arus mudik Lebaran. Ia juga mengimbau jangan mudah percaya dengan orang-orang yang baru dikenal dan jangan mudah menerima sesuatu dari orang yang tidak jelas. (hary)

loading...
  • Aaaaaaaaaaaaaaaa

    om kya mna bikin yg bagus seperti iko uwais