Angkasa Pura 2

Merpati Buka Rute Baru Mataram-Sumbawa

KokpitSenin, 27 Agustus 2012
Merpati 2

JAKARTA (Berita Trans) – Merpati Nusantara Airlines kembali membuka rute baru untuk penerbangan dari Mataram ke Sumbawa. Penerbangan perdana dilakukan pada 15 Agustus lalu.

VP Corporate Communication Herry Saptanto mengatakan, pembukaan rute baru Mataram–Sumbawa dengan pesawat MA-60 untuk melayani masyarakat mataram khususnya dan pariwisata pada umumnya.

“Lombok International Airport adalah Bandara domestik dan internasional yang berlokasi di Kab. Lombok Tengah, NTB. Bandara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I dan dibuka pertama kali pada tanggal 1 Okteber 2011 untuk menggantikan fungsi dari Bandara Selaparang Mataram. Terletak persis di jantung pulau ‘eksotik’ Lombok tepatnya di Jalan Tanak Awu. Melayani penerbangan domestik maupun international,” kata Herry Saptanto di Jakarta, Senin (27/8).

Menurutnya, Merpati akan mengantarkan para pelanggan dari Lombok menuju banyak daerah penerbangan lanjutan, dari Lombok bisa untuk tujuan Bandung, Jakarta, Dilli, Ende, Kupang, Labuanbajo, Merauke dan tujuan penerbangan lanjutan lainanya.

Merpati menjalankan rute – rute perintis yang menjadi pintu masuk gerbang pariwisata untuk melihat keindahan dan kecantikan Indonesia. Selain pesawat twin Otter, pesawat MA-60 menjalani rute – rute yang dikenal banyak masyarakat dunia.

“Ini bukti sebagai bagian dari komitmen Merpati dalam memberikan pelayanan terbaiknya. pengalaman terbang aman dan nyaman bersama Merpati kesemua tujuan,” ujarnya.

KSO Tahap Tiga
Herry juga mengatakan, saat ini Merpati dan Pemerintah Kabupaten Merauke telah sepakat untuk melanjutkan Kerjasama Operasi (KOSO) tahap ketiga dalam pengoperasian satu pesawat Twin Otter. Pesawat yang dikenal sebagai Musamus itu akan dierbangkan untuk jangka waktu dua tahun ke depan, yakni hingga 2014. Sebelumnya Pemda Merauke dan Merpati sudah menjalin Kerjasama Operasi untuk pesawat tersebut selama 8 tahun yang dimulai pada tahun 2004.

“Perpanjangan kerjasama ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari Pemda Kabupaten Merauke terhadap Merpati menyusul suksesnya kerjasama pengoperasian tiga pesawat Boeing periode sebelumnya,” kata Herry.

Menurutnya, kerjasama operasi ini telah memberikan multiplier effect yang cukup besar terhadap Pemda Kabupaten Merauke, masyarakat Merauke dan sekitarnya. Kelancaran transportasi udara dari Merauke ke daerah pemekaran dan sebaliknya telah meningkatkan perkembangan ekonomi masyarakat dan meningkatkan efektivitas koordinasi birokrasi.

Di tinjau dari sisi bisnis pun kerjasama ini cukup berhasil dan menguntungkan. Kabupaten Merauke dalam menanamkan modal investasi di bidang Aviasi.

“Dengan adanya perpanjangan KSO menunjukkan bahwa pengelolaan bisnis penerbangan memberikan maanfaat yang cukup besar,” ujarnya. (aliy)