Angkasa Pura 2

Angkutan Lebaran 2012, ASDP Seberangkan Ratusan Ribu Orang dan Kendaraan

DermagaRabu, 29 Agustus 2012
Kapal ASDP

JAKARTA (Berita Trans) – Pelaksanaan Operasi Angkutan Lebaran 2012 telah usai. Menutup gelaran Posko Angkutan Lebaran 2012, PT ASDP Indonesia Ferry sukses menyeberangkan 982.748 orang dan 193.166 total kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari Jawa ke Sumatera.

Data H-9 hingga H+7 mencatat kenaikan signifikan terpantau pada kendaraan roda dua yang naik sebesar 8% dan kendaraan roda empat sebesar 11%. Sementara rekapitulasi data dari Pelabuhan Bakauheni untuk waktu menyebutkan kenaikan dibanding tahun 2011 yaitu sekitar 6,4% untuk penumpang, 5,5% untuk kendaraan roda dua dan 12% untuk kendaraan roda empat.

“Ini dapat diartikan bahwa tingkat ekonomi masyarakat semakin meningkat sehingga jumlah kendaraan pribadi pun semakin meningkat tajam,” kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro di Jakarta, Selasa (28/8).

Menurut Danang, tahun 2012 adalah tahun penuh tantangan bagi ASDP. Di tengah sorotan masyarakat dan pemerintah terkait kelancaran arus penyeberangan Merak, ASDP berhasil mengatasi angkutan massal pada puncak arus mudik lalu. Ditambah dengan adanya kenaikan jumlah kendaraan yang cukup signifikan, membutuhkan perhatian dan koordinasi lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Kami sangat bersyukur bahwa kelancaran angkutan lebaran tahun ini berjalan baik, aman dan selamat dengan zero% accident,” kata Danang.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan bahkan memberikan penilaian yang lebih tinggi kepada ASDP dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya.

“Setelah operasi angkutan lebaran ini selesai, kami lakukan evaluasi internal sehingga ke depan kami bisa lebih antisipatif dalam menghadapi jumlah pemudik yang setiap tahun bertambah,” ujarnya. (aliy)

loading...