Angkasa Pura 2

193 Bus DAMRI Direhab Total

KoridorKamis, 30 Agustus 2012
dirtek-edit

JAKARTA (Berita Trans) – Sebagai respon atas melonjaknya permintaan (demand) terhadap pelayanan bus antarkota antarpropinsi (AKAP) di koridor Jakarta ke Jawa Tengah dan Yogyakarta, Perum DARMI merehabilitasi total (over haul) 193 bus. Sebanyak 62 bus di antaranya bahkan diganti mesin.

Direktur Teknik Perum DAMRI Bagus Wisanggeni mengungkapkan aksi korporasi itu digelar sejak awal tahun 2012 dan diperkirakan selesai akhir tahun ini. Bus itu tak hanya direb bodi, interior, sistem pendingin udara (AC) dan sistem transmisi, juga pergantian mesin.

Dengan over haul tersebut, dia mengutarakan maka kualitas armada menjadi lebih baik lagi. Tak hanya lebih cantik performansi fisik, tetapi amat andal dalam pelayanan. Dengan demikian, diharapkan demand terhadap pelayanan bus DAMRI akan terus menanjak.

“Pokoknya lebih kinclong serta jos performansi dan kinerja pelayanannya. Bus ini akan semakin memperkuat pelayanan AKAP DAMRI dari dan ke Jakarta. Rutenya antara lain ke Wonosobo, Purwokerto, Ponorogo, Solo, Cilacap dan Yogyakarta. Selama ini di trayek-trayek tersebut terjadi kenaikan demand 25 persen setiap tahun,” ungkapnya kepada bertitatrans.com, Kamis (30/8/2012).

BIAYA
Menyinggung biaya yang mesti dikeluarkan DAMRI untuk merehabilitasi total armada, dia mengemukakan sekitar Rp32 miliar dari anggaran tahun 2012. “Kami setiap tahun memang memprogramkan perbaikan dan pemeliharaan armada. Selain itu, kami juga mengadakan bus-bus armada, termasuk di antaranya armada kelas eksekutif dan super-eksekutif.

Perbaikan dan pemeliharaan berbasis manajemen modern tersebut, Bagus Wisanggeni menjelaskan juga diterapkan terhadap armada buskota, antarkota dalam propinsi, lintas negara, serta kargo. “Saat ini, DAMRI di bawah komando Dirut Pak Agus Subrata, memiliki dan mengelola sekitar 2.000 armada, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” jelasnya.(aw).