Angkasa Pura 2

Dikira Dibajak, Pesawat Vueling Dicegat 2 F-16

KokpitKamis, 30 Agustus 2012
vueling

AMSTERDAM – Dua pesawat F-16 Kerajaan Belanda mencegat pesawat Vueling, yang sedang terbang dari Malaga menuju Amsterdam, Rabu (29/08/2012). Pesawat tersebut dicegat karena hilang kontak dengan petugas Air Traffic Control (ATC) Bandara Schipol. Pesawat tersebut diduga dibajak.

Pesawat tempur tersebut mengawal pesawat milik maskapai Spanyol itu mendarat di runway Bandara Schipol. Begitu pesawat dengan 180 penumpang itu mendarat, langsung dikelilingi oleh pasukan keamanan, yang dilengkapi dengan tim negosiator.

“Setelah negosiator berbicara kepada kapten kita yakin tidak ada pembajak di pesawat,” ungkap Martijn Peelen, juru bicara polisi militer seperti dirilis Reuters, Kamis (30/8/2012).

Meski demikian, penumpang harus tetap di dalam pesawat selama berjam-jam sementara itu digeledah oleh polisi. Setelah dinyatakan betul-betul aman, mereka diperbolehkan untuk keluar dari pesawat dan diangkut menggunakan bus menuju terminal kedatangan.


“Kami pertama kali menyadari ada sesuatu yang salah ketika kita mulai berputar-putar di atas Rotterdam berulang-ulang, dan kapten mengatakan kepada kami ada beberapa masalah di Schiphol. Kami menghabiskan waktu sekitar empat jam setelah pesawat mendarat,” kata Erna, seorang penumpang, yang meminta agar nama keluarganya tidak digunakan.

PROSEDUR STANDAR
Peelen mengemukakan pencegatan tersebut merupakan prosedur standar negara dan Fakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) apabila pesawat gagal berkomunikasi dengan petugas menara bandara. Petugas menara mengaktifkan tombpok protokol keamanan begitu terjadi kegagalan berkomunikasi. Pihak NATO sudah diberitahu soal aksi ini.

Insiden ini adalah drama kedua di bandara Schiphol. Sebelumnya, sebagian besar Schiphol tertutup dan penerbangan ditunda setelah apa yang diduga bom Perang Dunia II ditemukan oleh para pekerja menggali dekat Pier C, yang menghubungkan terminal utama dengan gedung keberangkatan.

SEKILAS VUELING
Vueling adalah maskapai penerbangan biaya rendah (low cost carrier) yang berbasis di El Prat de Llobregat, dekat Barcelona (Spanyol). Maskapai ini memiliki kantor penerbangan di Amsterdam, Bilbao, Madrid, Málaga, Palma de Mallorca, Seville, Toulouse dan Valencia, untuk melayani penerbangan di Eropa dan Barat Mediterania.

Perusahaan ini memiliki 3 unit Airbus A319-100 dan 56 Airbus A320-200. Sejumlah pesawatnya diberi nama seperti “Be Vueling my friend”, “My name is Ling. Vue Ling” dan “Un Vueling s’il-vous-plaît”
Vueling didirikan pada Februari 2004 dan mulai beroperasi 1 Juli 2004 dengan penerbangan antara Barcelona dan Ibiza. Armada awal terdiri dari dua Airbus A320 pesawat, yang berbasis di Barcelona melayani Paris, Brussels, Palma dan Ibiza.

Awalnya, pemegang saham utama dari Airlines Vueling adalah Apax Partners sebanyak 40%, Inversiones Hemisferio (Grupo Planeta) sebanyak 30%, tim manajemen Vueling sebanyak 23% dan investor VA (JetBlue Airways) sebanyak 7%.(agus w).