Angkasa Pura 2

Kapal KMP Cepat Tulang Bawang Tenggelam di Pulomerak

DermagaKamis, 30 Agustus 2012
kapal cepat tenggelam

MERAK (Berita Trans) – Kapal Cepat KMP Tulang Bawang milik pemerintah Kabupaten Lampung tenggelam di sekitar perairan Pelabuhan Indah Kiat, Kelurahan Lebak Gede, Pulomerak, Banten. Kapal cepat yang pernah melayani lintasan Pelabuhan Merak – Bakauheuni ini tenggelam diduga akibat keropos karena tidak ada perawatan dan jarang dipergunakan.

Kepala Penjagaan dan Penyelamatan Administrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten, Heru Maryanto mengatakan, kapal cepat yang melayani pelayaran Pelabuhan Merak-Bakauheuni itu sudah dijangkarkan kurang lebih selama delapan tahun. Pemilik kapal tersebut tidak lagi mengoperasikan kapal cepat karena kurang diminati para penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera maupun sebaliknya.

Selain kurang diminati, kata Heru, kondisi cuaca buruk di perairan Selat Sunda juga kerap mengganggu pelayaran kapal. “Kapal itu memang sudah tidak terurus sejak lama. Sehingga kemungkinan kropos dan kemudian bocor lalu tenggelam,” katanya.

Menurut Heru, kapal cepat di lintasan Merak-Bakauheuni sempat mengalami kejayaan, namun seiring berjalannya waktu kapal cepat semakin kurang diminati masyarakat dan akhirnya tidak ada satu pun kapal cepat yang beroperasi.

“Sekitar awal tahun 2000 lalu kapal cepat masih beroperasi. Namun sekarang sudah tidak ada lagi, karena peminatnya kurang serta sering dihadapi cuaca buruk,” katanya. (hary)