Angkasa Pura 2

Security Bandara SIM Aceh Gagalkan Penyelundupan Ganja

BandaraSenin, 10 September 2012
Ganja

TANGERANG (Berita Trans) – Petugas Keamanan Bandara (Aviation Security/Avsec) Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 40 kilogram ganja, Minggu (9/9). Sedianya barang haram itu akan dikirimkan pelaku yang berjumlah empat orang dengan menggunakan penerbangan Lion Air tujuan Jakarta.

General Manager Bandara SIM Aceh, HM Wasfan menjelaskan, proses penangkapan pelaku berikut barang bukti tersebut terjadi pada Minggu dinihari tadi pukul 00.30 WIB. “Penangkapan dilakukan Komandan Avsec, Husaini, dan sejumlah anggotanya. Para pelaku dan barang bukti dua koper ganja seberat 40 kilogram sudah kami serahkan kepada pihak kepolisian Poltabes Banda Aceh,” jelasnya melalui siaran pers yang diterima Berita Trans di Jakarta, Senin (10/9).

Modus operandi yang digunakan pelaku, lanjut Wasfan, adalah mengirimkan barang haram selundupannya melalui jalur pengiriman kargo. “Barang mereka masukkan ke Bandara sebelum jam operasional agar bebas pemeriksaan x-ray. Tapi berkat kejelian petugas kami, upaya itu bisa digagalkan,” ujarnya.

Wasfan menambahkan, untuk melancarkan aksi penyelundupan ke dalam area bandara, pelaku melibatkan pegawai bandara yang bekerja pada perusahaan ground handling di Bandara SIM. Barang haram yang dikemas menjadi dua koper besar itu dibawa pelaku dengan menggunakan mobil operasional sisi udara, yang juga disita polisi sebagai barang bukti.

Dari luar bandara, barang dikirim salah satu pelaku dengan sepeda motor untuk diserahkan ke rekan pelaku yang bekerja di perusahaan ground handling. Pelaku yang bekerja di lingkungan bandara tersebut selanjutnya memasukkan barang selundupannya pada penerbangan Lion Air JT 397 tujuan Aceh – Medan – Jakarta yang akan terbang pukul 06.20 WIB.

“Semua pelaku dan barang bukti yang antara lain dua koper ganja, sebuah mobil operasional dan sepeda motor ditahan sebagai barang bukti. Kini polisi masih mengembangkan kasus ini,” pungkas Wasfan. (aliy)

loading...