Angkasa Pura 2

Banyak Juru parkir Gunakan Karcis Ilegal

KoridorSelasa, 11 September 2012
Juru parkir

SERANG (Berita Trans) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Parkir Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Serang Ahmad Yani mengatakan, banyak diantara juru parkir yang menggunakan karcis ilegal dan menyetorkan hasil pungutan retribusi parkir seenakanya. Akibatnya, pendapatan retribusi parkir di Kota Serang terus menurun.

“Dari sekitar 400 juru parkir di Kota Serang hanya 30 persen yang menyetor, sedangkan sisanya nakal alias menyetor seenaknya saja. Bahkan banyak juga diantara mereka yang menggunakan karacis ilegal,” kata Yani di Serang, Selasa (11/9).

Yani mengatakan, Dishubkominfo telah memberlakukan karcis parkir di tepi jalan umum. Namun pengawasannya masih lemah lantaran personil terbatas tidak ada anggaran. Saat ini PNS di UPT Parkir hanya empat orang dan tenaga magang sebanyak 11 orang.

“Beberapa waktu yang lalu, kami pernah menertibkan ribuan karcis ilegal. Namun bertahan hanya beberapa saat saja, dan mereka kembali menggunakan karcis ilegal,” ungkapnya.

Yani juga mengakui sejak pengelolaan parkir dialihkan dari CV Ali Putra kepada Dishubkominfo per 18 Mei lalu, pendapatan retribusi parkir menurun.

“Saat masa peralihan, banyak juru parkir yang memanfaatkan masa peralihan itu,” ungkapnya.

Kata Yani, UPT Parkir menargetkan setiap hari Rp2 juta dari retribusi parkir. Tetapi rata-rata setiap hari hanya Rp1 juta yang disetorkan.

“Meski pendapatan menurun, kita tidak akan mengganti juru parkir, tapi hanya menekankan agar mencapai target. Tapi jika membandel, kami tidak segan mengganti juru parkir nakal,” tegasnya. (hary)