Angkasa Pura 2

PT Angkasa Pura I – Apindo Sepakati Penyaluran Dana untuk Usaha Kecil

BandaraSelasa, 11 September 2012
Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo dan Ketua Umum Apindo Sofyan Wanandi

JAKARTA (Berita Trans) – Manajemen PT Angkasa Pura 1 dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyepakati nota kesepahaman tentang penyaluran dana program kemitraan dan pendidikan/pelatihan kepada mitra binaan. Dana dalam bentuk pinjaman tersebut disalurkan untuk usaha kecil.

Penandatanganan kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan Tommy Soetomo selaku direktur utama PT Angkasa Pura I dan Sofyan Wanandi sebagai ketua umum Apindo di kantor pusat PT Angkasa Pura I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (11/9/2012).

Tommy menjelaskan sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN No. 05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan, maka PT Angkasa Pura I wajib menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang disisihkan dari laba perusahaan.

Sedangkan Apindo merupakan organisasi yang mewakili kepentingan dunia usaha dan salah satunya membidangi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) serta penyelenggara pendidikan/pelatihan bagi pengusaha kecil dan menengah, yang memiliki 38 cabang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, dia menjelaskan Apindo mempunyai mitra binaan yang telah dididik melalui berbagai macam pendidikan/pelatihan untuk menjadikan mitra binaan yang mandiri. Mitra binaan tersebut dapat direkomendasikan kepada PT Angkasa Pura I oleh Apindo untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga yang sangat ringan. Dengan adanya status sebagai mitra binaan PT Angkasa Pura I, maka mereka dapat berpartisipasi dalam program pendidikan/pelatihan yang diselenggarakan oleh Apindo.

Tentang konten nota kesepahaman, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Miduk Situmorang, menjelaskan meliputi pPenyaluran dana program kemitraan PT Angkasa Pura I kepada pengusaha-pengusaha kecil mitra binaan yang direkomendasikan oleh APINDO dengan ketentuan penyaluran dana diberikan dalam bentuk pinjaman lunak dengan jangka waktu pinjaman maksimal tiga tahun dan maksimal pinjaman sebesar lima puluh juta rupiah per pinjaman, serta suku bunga pinjaman sebesar enam persen per tahun.

“Juga kesepahaman tentang pelaksanaan pelatihan mitra binaan,” jelas Miduk didampingi Kepala Humas Merpin Butar-butar serta staf Humas Untung Margono.(agus w)