Angkasa Pura 2

Jokowi Dukung Penuh Kereta Api Bandara

EmplasemenJumat, 21 September 2012
Kereta Bandara 1

TANGERANG (Berita Trans) – Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung program pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang kini tengah dijalankan PT Angkasa Pura II. Bahkan, dirinya siap untuk mengubah regulasi yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta guna mendukung kelancaran pembangunan bandara terbesar di Indonesia tersebut.

”Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta Ini bagus. Saya tidak hanya mendukung secara penuh, tetapi sangat penuh. Pemerintah DKI harus mem-back up, yaitu dengan membangun aksesibilitas kereta api bandara,” kata Jokowi usai Shalat Jumat di Masjid Nurul Barkah, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (21/9).

Jokowi menilai, kereta api merupakan moda transportasi yang paling tepat untuk mendukung aksesibilitas dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut mengingat kapasitas angkut kereta api yang jauh lebih massif dibandingkan moda transportasi lainnya. Kereta api bandara itu sendiri, menurutnya, harus terintegrasi dengan seluruh moda darat yang ada di ibu kota.

”Kereta Api Bandara harus terintegrasi dengan semua moda. Kalau perlu ada regulasi yang harus diubah, ya diubah. Memang harus begitu,” tegasnya.

PT Angkasa Pura II telah memulai program pengembangan Bandara Soekarno-Hatta menjadi sebuah kawasan ”Aerotropolis”. Proses ground breaking sebagai tanda dimulainya pekerjaan fisik proyek tersebut dilakukan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis, 2 Agustus 2012. Upaya untuk meningkatkan kapasitas bandara Soekarno-Hatta menjadi 62 juta pergerakan per tahun tersebut ditargetkan dapat terealisasi pada akhir 2014.

Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta merupakan jawaban dari isu keterbatasan kapasitas yang terjadi. Dengan daya tampung sebesar 22 juta pergerakan penumpang per tahun, Bandara Soekarno-Hatta melayani 51,5 juta pergerakan pada tahun 2011. Besarnya angka pergerakan penumpang tersebut menempatkan Bandara Soekarno-Hatta pada peringkat ke-12 dalam daftar bandara tersibuk di dunia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko menegaskan, pengembangan terhadap Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara internasional berkelas dunia yang dibanggakan tidak hanya menjadi cita-cita Angkasa Pura II, melainkan pula harapan seluruh masyarakat dan Bangsa Indonesia.

”Butuh dukungan semua pihak untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan semua masyarakat dan bangsa Indonesia. Dengan pengembangan ini, kami berharap Bandara Soekarno-Hatta dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sesuai Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI),” ungkapnya. (aliy)

loading...
  • Jokowi Bowo

    Mantap Bang Mas Jokowi…!!!!

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari