Angkasa Pura 2

Lita Darterini Asyik Jadi Polsuska

EmplasemenJumat, 5 Oktober 2012
lita-edit

SEMARANG (Berita Trans) – Menjadi anggota Polsuska merupakan pilihan pekerjaan yang membanggakan bagi Lita Darterini. Kebanggaan itu yang mengalahkan kekhawatiran terhadap keselamatan diri.

“Saya bangga karena bisa mengabdi buat perusahaan dan masyarakat. Penumpang kereta butuh kenyaman dan keselamatan saat naik kereta, kami yang antara lain ditugasi memenuhinya,” tutur gadis yang bergabung di Polsuska Daop 8 PT Kereta Api Indonesia sejak tahun 2010 itu.

Dia mengemukakan bertugas di stasiun dan kereta menjadi keasyikan tersendiri karena selain ikut menjaga ketertiban, juga mesti jeli untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan.

“Saya sudah pernah menangkap pencuri di kereta. Orang itu beraksi di kereta eksekutif. Begitu melihat, saya bersama Pak Polisi segera menangkap orang itu,” tutur lulusan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Surabaya tahun 20120 tersebut.

Keterampilan untuk menangani aksi kejahatan tersebut, dia mengungkapkan didapat dari pendidikan selama dua bulan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Cisarua, Bogor. “Kami dilatih seperti menjadi polisi, termasuk keahlian beladiri,” tutur warga Pondok Maritim, Kecamatan Wiyung, Surabaya, tersebut.(agus).