Angkasa Pura 2

Toyota Tarik 7,4 Juta Mobil di Seluruh Dunia

OtomotifRabu, 10 Oktober 2012
Toyota

(Berita Trans) – Toyota, produsen mobil terlaris di dunia, Rabu (10/10) mengumumkan penarikan lebih dari tujuh juta kendaraan di seluruh dunia, setelah diketahui ada masalah pada sistem tombol elektrik jendelanya (power window). Penarikan ini merupakan yang terbesar sejak Ford menarik sekitar delapan juta kendaraannya pada tahun 1996.

Beberapa jenis mobil yang ditarik dari peredarannya adalah Yaris, Corolla, Vios, Matrix, Auris, RAV4, Highlander, Tundra, dan Camry yanag diproduksi antara tahun 2005-2010.

Sedikitnya 1,39 juta mobil ditarik dari Eropa, 138 ribu dari Ingris, 2,47 juta dari Aamerika, dan 1,4 juta dari China. Toyota juga menarik kembali 459.000 kendaraan di Jepang, 650.000 di Australia dan Asia, serta ratusan ribu dari seluruh Timur Tengah.

Pihak Toyota menyatakan, jumlah kendaraan yang ditarik adalah kira-kira sama dengan seluruh penjualan tahun lalu.

Toyota akan menghubungi pemilik mobil yang akan ditarik selama beberapa minggu mendatang dan meminta mereka untuk membawa mobilnya untuk diperiksa. Perbaikan saklar power window diperkirakan memakan swaktu sekitar 40 menit.

Direktur Pelayanan Pelanggan Toyota GB, Steve Settle meminta maaf kepada pelanggan atas kejadian tersebut, tetapi ia meyakinkan bahwa kesalahan tersebut tidak terlalu membahayakan.

“Saklar power window pengemudi terkadang memanas yang terkadang bisa melelehkan tombol power window,” katanya.

Toyota harus bekerja keras untuk mengembalikan posisi mereka sebagai produsen mobil terbesar di dunia mengalahkan General Motor pascabencana tsunami yang melanda Jepang pada 2011. Bencana itu menyebabkan sejumlah fasilitas produksi Toyota di Jepang porak-poranda. Krisis ekonomi dan pelemahan mata uang yen juga ikut mengganggu penjualan Toyota pada tahun lalu.

Selain itu, munculnya konflik perebutan Pulau Senkaku di Laut China Selatan antara Jepang dengan China ikut mendorong penurunan penjualan produk Toyota di China. Berdasarkan laporan penjualan September lalu, penjualan Toyota anjlok 50 persen di China. (bbc/aliy)