Angkasa Pura 2

Pelabuhan Merak Kembali Tak Berdaya Hadapi Truk

KoridorFriday, 12 October 2012

MERAK (Berita Trans) – Pelabuhan penyeberangan Merak kembali dipadati oleh antrean truk yang akan melintas ke Pulau Sumatera. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak nampaknya tak berdaya menghadapi truk-truk angkutan yang membawa berbagai macam kebutuhan pokok tersebut. Bahkan antrean kendaraan berat ini nampak mengular ke luar areal pelabuhan.

Menager Pelayanan Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna berkilah, penumpukan truk di Pelabuhan Merak tersebut akibat kurangnya kapal pengangkut. Selain itu, aktivitas angkutan kebutuhan pokok ke Pulau Sumatera juga mengalami peningkatan menjelang lebaran Idul Adha.

“Kita upayakan akan segera menguraikan antrean truk itu,” ujar Nana di Merak, Jum’at (12/10).

Menurut Nana Sutisna, berkurangnya kapal disebabkan ada beberapa kapal sedang menjalani perawatan rutin. Sedangkan satu kapal yakni KMP Bahuga Jaya tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tanker Norgas Chantika, Rabu (26/9) lalu.

“Sekarang kapal sudah 28 yang beroperasi. Hari ini kami usahakan seluruh truk yang ada diluar dermaga bisa ditarik masuk ke dalam pelabuhan semua,” ucapnya.

Berdasarkan pantuan anteran truk itu terjadi sejak Kamis (11/10) malam. Hingga Jumat siang antrean truk itu tetap belum terurai dari jalan Cikuasa atas atau sekitar tiga kilometer dari Pelabuhan Merak. Akibat antrean itu juga membuat jalan akses umum masyarakat terganggu karena jalan dari arah Merak-Cilegon di jalan itu ditutup untuk sementara hingga truk di jalan itu terurai. (hary)