Angkasa Pura 2

Atasi Antrean, ASDP Akan Sediakan Kapal Bekas

DermagaSenin, 15 Oktober 2012
Merak

MERAK (Berita Trans) – Untuk mengatasi antrean truk yang kerap terjadi setiap akhir pekan, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, berencana akan menyediakan tambahan satu unit kapal motor penumpang (KMP) buatan Ingris. Kapal roll on roll off (roro) berkapasitas 1000 penumpang dan 100 kendaraan ini diharapkan mampu mengatasi kepadatan lalulintas penyeberangan Pelabuhan Merak – Bakauheni, Lampung.

“Kapal ini diharapkan akan mampu membantu pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Merak. Akibatnya kerap terjadi antrean truk yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Supriyanto di Merak, Senin (15/10).

Menurut Supriyanto, kapal bekas buatan Inggris ini sudah berada di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rencananya setelah dilakukan pemeriksaan oleh ASDP Pusat, kapal roro tersebut akan segera diserahkan ke ASDP Merak untuk selanjutnya digunakan untuk melayani pelayaran Pelabuhan Merak – Bakauheuni, Lampung.

“Biasanya membutuhkan waktu dua bulan untuk pemeriksaan. Tapi kami harapkan sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2013 kapal tambahan itu bisa dioperasikan,” ujar Supriyanto.

Sementara itu situasi penyeberangan di Pelabuhan Merak, Senin (15/10) sore, nampak lancar. Tidak terlihat adanya penumpukan kendaraan, baik kendaraan pribadi ataupun truk angkutan barang yang kerap terjadi di pelabuhan terpadat di Pulau Jawa ini. (hary)

loading...