Angkasa Pura 2

Dahsyat, Bandara Sultan Hasanuddin Sabet Bandara Terbaik Melayani

BandaraKamis, 18 Oktober 2012
prima-edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Setelah menduduki posisi pertama indeks kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction Index/CSI) pada tahun 2012 versi Airports Council International (ACI), Bandara Sultan Hasanuddin mendapat anugerah tertinggi Pelayanan Prima Kategori Unit Layanan Jasa Terminal Penumpang Bandar Udara.

Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM) mengalahkan 21 bandara lainnya yang dinilai kementerian perhubungan. Dengan nilai 85,30, SHIAM mendapat Prima Utama.

Posisi selanjutnya Bandara Juanda, Surabaya, mendapat Prima Madya dengan nilai 84,30, serta Bandara Adisumarmo, Solo (Prima Madya dengan nilai 84,03 dan Bandara Husein Sastranegara, Bandung (Prima Madaya dengan nilai83,81). Kalau dipersandingkan antara nilai CSI dan Pelayanan Prima, maka memang Bandara Juanda selalu berada di posisi setelah SHIAM.

Anugerah Prima Utama diserahkan Menteri Perhubungan EE Mangindaan kepada General Manager SHIAM, Rachman Syafrie, disaksikan antara lain Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Iskandar Abubakar,Selasa, 16 Oktober 2012. “Selamat ya. Tingkatkan terus,” begitu ucap menteri kepada Rachman Syafrie.

Dalam sambutannya, Mangindaan menyatakan “Jangan berhenti apalagi terlalu cepat puas dengan pencapaian yang sudah dilakukan. Harus tetap berinovasi karena kebutuhan transportasi tidak akan pernah berhenti”.

Inovasi mutlak diperlukan lantaran perkembangan di sektor transportasi sangat cepat dan mengikuti perkembangan di sektor lain serta mengikuti perkembangan teknologi. Kemajuan sektor transportasi juga tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi.

“Mereka (Unit Pelayanan Publik) yang terpilih ini adalah mereka yang cepat mengantisipasi kemajuan itu sendiri. Saya imbau agar terus untuk melakukan inovasi,” ujarnya.

Menhub mengatakan dari inovasi tersebut bahkan bisa mengubah regulasi yang ada. Menurutnya dalam waktu satu sampai tiga tahun kedepan perubahan regulasi dimungkinkan seiring cepatnya perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

SALUT
Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Iskandar Abubakar menyatakan salut atas prestasi, yang diraih Bandara Sultan Hasanuddin. “Jarang satu lembaga pelayanan publik bisa dalam satu tahun meraih dua penghargaan bergengsi dari lembaga kompeten,” tuturnya.

Hal senada dikemukakan pengamat kebijakan publik dan konsumen, Agus Pambagio. Agus menegaskan SHIAM amat layak meraih anugerah Prima Utama karena dedikasi pengelola dan stake holder untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan.

“Kita bisa lihat sendiri, pelayanan cepat, bagus dan akurat. Toilet terjaga kebersihan dan keharumannya, ada information center, juga ada ruang pamer budaya lokal, yang dilengkapi dengan perahu Phinisi, serta parkir begitu tertib. Apalagi bandara ini nggak ada calo,” cetusnya.

KOMENTAR DIRUT
Menanggapi prestasi dahsyat SHIAM, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo dan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura I Gunawan Agus Subrata menyatakan bangga serta terharu.

“Kami bangga dan terharu. Penghargaan ini sekaligus memacu kami untuk dapat berbuat lebih baik lagi dalam pelayanan,” cetus Tommy Soetomo melalui pesan singkat, yang dikirim dari China, kepada beritatrans.com, Kamis (18/10/2012).

Direktur utama menegaskan semangat dan implementasi terus meningkatkan pelayanan merupakan bagian dari doktrin “kemuliaan melayani,” yang dirumuskan direksi dalam konsep restrukturisasi dan reposisi.

Sedangkan direktur keuangan Gunawan Agus Subrata mengharapkan agar bandara-bandara lain di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I terus memacu untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik. “Usaha yang sungguh-sungguh akhirnya akan memberikan hasil yang membanggakan,” ujarnya.(agus w).

  • Faisal

    MANTAP…

  • KS

    waah selamat untuk SHIAM :)