Angkasa Pura 2

Garuda- Etihad Kerjasama Codeshare

KokpitKamis, 18 Oktober 2012
Etihad 1

JAKARTA (Berita Trans) – Garuda Indonesia dan Etihad Airways (maskapai penerbangan dari Uni Emirat Arab), Kamis (18/10) secara resmi mengumumkan kerjasama “codeshare agreement” antar kedua maskapai.

“Kerjasama ini akan memberi nilai tambah bagi seluruh penumpang kedua maskapai, khususnya dalam mempermudah mereka dalam melaksanakan penerbangan ke kota–kota destinasi menarik yang dilayani kedua maskapai,” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia emirsyah Satar melalui siaran pers yang diterima Berita Trans di Jakarta, kemarin.

Garuda Indonesia akan menjadi partner bagi Etihad Airways untuk pengembangan destinasi mereka di wilayah timur (eastern outbounds), sementara Etihad Airways akan mendukung pengembangan network Garuda Indonesia di wilayah Barat (western outbounds) yaitu sektor beyond Abu Dhabi.

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antar kedua maskapai pada bulan September lalu yang mencakup bidang “Passenger Codeshare, Kerjasama Cargo, Peningkatan Layanan di Bandara, Bidang Engineering/Maintenance, Layanan Lounge” dan “Frequent Flyer Program”.

“Melalui kerjasama ini, para penumpang Garuda Indonesia dari Jakarta dan kota–kota lainnya di Indonesia, akan terhubung dengan penerbangan ke lebih 80 kota/destinasi di 50 negara di dunia yang dilayani oleh Etihad Airways, di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah dan Afrika. Karena kemudahan yang ditawarkan tersebut, maka partnership ini akan membawa dunia ke Indonesia,” kata Emir.

Sementara itu, President & CEO Etihad Airways, James Hogan mengatakan bahwa kerjasama codeshare dengan Garuda Indonesia merupakan bagian dari program penting strategy pengembangan jaringan Etihad.

Kerjasama codeshare ini akan efektif berlaku mulai tanggal 28 Oktober 2012 dan melalui kerjasama ini, maka penumpang Garuda Indonesia dari berbagai kota di Indonesia akan terhubung dengan lebih dari 80 destinasi Etihad Airways di 50 kota di dunia. Garuda Indonesia akan menjadi “marketing party” dan dapat menjual tiket penerbangan ke lebih dari 27 kota destinasi menarik Etihad Airways di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Afrika. (aliy)