Angkasa Pura 2

Merpati Restrukturisasi 20 Rute Penerbangan

KokpitJumat, 2 November 2012
merpati

JAKARTA – Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines (MNA) mengkaji ulang atau merestrukturisasi 20 rute tidak produktif. Restrukturisasi ini diharapkan tuntas pada pertengahan bulan ini.

Herry Saptanto, VP Corporate Scretary & Legal PT MNA, mengemukakan restrukturisasi dgelar objectif untuk memperkuat intra Makasar, Papua dan supply Makasar – Papua serta memperbaiki connecting dari barat ke timur dan sebaliknya. Kunci dari restrukturisasi ini diantaranya membuka supply dari Surabaya – Makasar pagi dan memisahkan supply intra Papua dari barat untuk berdiri sendiri.

“Restrukturisasi rute ini untuk optimalisasi profit/keuntungan perusahaan. Rute yang direstrukturisasi dikaji lebih lanjut konektivitasnya. Ada beberapa rute yang ditutup untuk rute pesawat Boeing dan MA60,” ungkapnya melalui rilis, Jumat (2/10/2012) pagi.

Tetapi penutupan 20 rute penerbangan Merpati, dia menegaskan hanya sementara bukan untuk berhenti beroperasi. Ada juga beberapa rute yang frekuensinya ditambah, karena melihat demand yang timggi di daerah – daerah, seperti Makasar – Banjarmasin yang awalnya 4X/minggu menjadi setiap hari.

Selain itu, Timika – Jayapura yang awalnya 1X sehari menjadi 10X/minggu, dan juga ada pengkajiaan untuk penambahan frekuensi untuk rute Dili – Denpasar yang mulanya 1X sehari menjadi 10X/minggu. Merpati juga menambah frekuensi untuk Surabaya-Makasar di pagi hari dan membuka rute baru untuk Menado-Sorong-Timika dan Menado-Sorong-Manokwari-Jayapura.

TARGET RESTRUKTURISASI
Merpati Nusantara Airlines mentargetkan restrukturisasi rute selesai pertengahan November. Memang pada saat transisi ini dilakukan akan ada dampak dan pengaruh terhadap pelayanan penumpang dan pesawat yang belum terutilise secara maksimal.

“Sudah ada beberapa rute – rute yang dibuka kembali, karena restrukturisasi rute ini hanya pengkajian sementara yang dilakukan oleh Merpati Nusantara Airlines untuk dapat memberikan layanan penerbangan yang terbaik untuk para pelanggannya,” jelas Herry.(wina).

loading...