Angkasa Pura 2

Kemenhub Beli Kapal Perintis Coaster 1.200 GT

DermagaSabtu, 3 November 2012
Kapal Perintis

JAKARTA (Berita Trans) – Direktoraat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memesan memesan kapal coaster 1.200 GT yang akan digunakan sebagai kapal perintis. Kontrak kerja sama pembangunan kapal tersebut dilakukan antara Kemenhub dengan PT Mariana Bahagia, perusahaan galangan berbasis di Palembang, Sumatra Selatan, di Jakarta, Jumat (2/11).

Direktur Utama PT Mariana Bahagia Johnson W. Sutjipto mengatakan, sektor maritim mulai bergairah sejalan dengan program asas cabotage.

“Kebijakan asas cabotage di Indonesia telah menambah jumlah kapal niaga nasional secara signifikan,” katanya.

Johnson mengatakan, pertumbuhan armada niaga nasional yang mencapai 84% dalam tujuh tahun terakhir itu harus diimbangi dengan perkembangan industri galangan. Ia yakin, industri galangan kapal nasional ke depan memiliki prospek menjanjikan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan armada dalam negeri dan tingginya jumlah kapal yang harus diremajakan.

Pada kesempatan itu Johnson juga mengatakan baha perusahaannya meluncurkan kapal offshore jenis anchor handling tug (AHT) pesanan Seacove Overseas Limited. Kapal berbendera Tuvalu berbobot 3500 Horse Powea tersebut merupakan kapal AHT kedua yang pernah diekspor perseroan tersebut.

Dia menjelaskan kapal yang diberi nama Seacove Noble tersebut ditargetkan dapat diserahkan kepada pemesan pada akhir tahun ini. “Rencananya akhir 2012 ini akan kami serahkan kepada pemesan. Proses finishing sekarang sedang berlangsung,” ujarnya.

Pada 2009, PT Mariana Bahagia, telah melakukan ekspor perdana kapal penunjang kegiatan lepas pantai jenis AHT pesanan Sea Core Panama. “Pengadaan kapal-kapal offshore termasuk fokus galalangan kami saat ini,” ujarnya. (Very)

loading...