Angkasa Pura 2

Garuda-Roll Royce Kerjasama Perawatan Mesin

KokpitSelasa, 6 November 2012
Garuda A 330

JAKARTA (Berita Trans) – Mulai awal November 2012, Garuda Indonesia dan Roll Royce melakukan kerjasama perawatan mesin Trent 700 untuk pesawat A330 yang akan diterima mulai bulan ini hingga 2017 mendatang.

“Melalui kerjasama perawatan tersebut, maka Garuda akan mendapatkan berbagai nilai tambah berkaitan dengan pengoperasian pesawat A 330,” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar melalui keterangan pers yang diterima Berita Trans, di Jakarta, Selasa (6/11).

Menurut Emir, Roll-Royce secara penuh akan menangani seluruh program perawatan mesin Trent 700 termasuk pemenuhan mesin cadangan (engine spare), penyiapan komponen mesin, perawatan overhaul engine dan engine health monitoring (monitoring kesehatan mesin) selama pengoperasiannya.

“Dengan program perawatan secara penuh yang dilakukan oleh Rolls Royce tersebut, maka tingkat ‘reliability’ mesin-mesin Trent 700 yang dipergunakan pada pesawat A 330 Garuda akan memiliki tingkat ‘reliabilty’ yang tinggi,” ujar Emir.

Disamping itu, lanjut Emir, dengan jaminan ketersediaan engine spare dan engine health monitoring – predictive maintenance, penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan antisipatif. Hal ini akan menghindari pesawat berada terlalu lama berada di darat – karena semakin lama berada di darat berarti mengurangi kesempatan untuk dioperasikan, atau mengurangi potensi pendapatan perusahaan.

Saat ini Garuda mengoperasikan 104 pesawat, dan sejalan dengan program pengembangan armada yang dilaksanakan, pada tahun 2015 nanti Garuda akan memiliki 144 pesawat, sementara anak perusahaan Garuda Citilink – yang merupakan “low-cost carrier” – akan mengoperasikan 50 pesawat. (Vionika)