Angkasa Pura 2

PTDI dan Airbus Military Sepakat Luncurkan Pesawat NC212 Terbaru

KokpitKamis, 8 November 2012
NC-212

JAKARTA (beritatrans.com)-PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Airbus Military menandatangani ksepakatan untuk bersama meluncurkan Airbus Military C212-400 versi upgrade sebagai langkah lebih lanjut dalam perjanjian jangka panjang mereka. esawat tersebut selanjutnya akan dinamai NC212 dan akan ditawarkan kepada pelanggan sipil serta militer.

NC212 upgrade ini akan dilengkapi dengan avionik digital dan sistem autopilot terkini. Pesawat upgrade ini memiliki interior sipil terbaru yang mampu membawa sampai dengan 28 penumpang dibandingkan dengan versi saat ini yang hanya dapat membawa 25 penumpang sehingga efisiensi biaya naik secara berarti. Semua pesawat upgrade tersebut akan menempatkan NC212 ini pada posisi tawar yang sangat kompetitif di segmen pasar pesawat kecil dan medium. Pesawat ini akan disertifikasi oleh EASA dan FAA sesuai dengan FAR 25.

Kesepakatan kerjasama dalam pengembangan, manufacturing, komersialisasi dan dukungan pelanggan ini untuk memenangkan kompetisi memenuhi kebutuhan pasar di segmen pesawat kecil, baik untuk sipil, militer, dan kargo. Potensi pasar pada segmen ini diperkirakan akan mencapai sekitar 400-450 pesawat dalam sepuluh tahun kedepan. Final Assembly Line sedang disiapkan di fasilitas PTDI di Bandung.

“Ini adalah bukti berikutnya tentang peningkatan kerjasama kami dengan Indonesia. Kami melihat masa depan NC212 yang kompetitif ini menjanjikan di banyak negara di dunia. Dengan dukungan yang berkesinambungan dari Pemerintah Indonesia, PTDI dan Airbus Military akan mampu meraih banyak hal bersama,” kata Ignacio Alonso, Senior VP Komersil, Strategi dan Hubungan Industri untuk kawasan Asia, Kamis (8/11).

Direktur Utama PTDI Budi Santoso mengatakan, kerjasama ini akan memperkuat posisi PTDI sebagai industri pesawat terbang terdepan di wilayah Asia, dan Pasifik.

“Proyek kerjasama ini tetap menjadi bagian dari proses revitalisasi PTDI. Kontrak untuk sembilan CN295 dari Kementerian Pertahanan pada awal tahun dan paket-paket kerjasama antara PTDI dan Airbus Military berkaitan dengan C295 adalah hasil langsung pertama dari “Teaming Agreement” tersebut, termasuk di dalamnya rencana pembangunan CN295 Delivery Center, CN295 Final Assembly Line, dan pendirian Pusat Pelayanan CN295 di Bandung,” katanya. (aliy)

loading...