Angkasa Pura 2

22 Bus Gandeng Zhongtong Milik DAMRI Segera Layani Busway

KoridorSelasa, 20 November 2012
zhongtong1

JAKARTA (beritatrans.com) – Sebanyak 22 bus gandeng (articulated bus) buatan Zhongtong Bus & Holding Co., Provinsi Shandong, RRC, sudah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Armada tersebut merupakan pesanan Perum DAMRI dan akan dioperasikan untuk pelayanan busway.

Direktur Utama Perum DAMRI, Ir. Agus Suherman Subrata, MBA, mengungkapkan bus tersebut kini berada di gudang Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Priok. Oleh distributornya di Indonesia, PT Mobilindo Armada Cemerlang, bus tersebut sedang diproses berbagai kelengkapan administrasi, termasuk bea masuk dan nomor polisi kendaraan.

Bus itu, dia mengemukakan sudah diproses uji tipe di Kementerian Perhubungan dan pengurusan Tanda Pendaftaran Type dan Varian Kendaraan di Kementerian Perindustrian. Selanjutnya pengurusan impor barang (PIB) di bea Cukai, serta pengurusan dan pembayaran bea masuk.

“Setelah dapat dikeluarkan dari pelabuhan, maka bus-bus itu segera diurus administrasi kendaraan bermotor di kepolisian, untuk mendapatkan BPKB dan STNK,” ungkap Agus kepada beritatrans.com

Setelah berbagai urusan administrasi diselesaikan, dia mengutarakan bus tersebut akan dialokasikan untuk melayani busway koridor 8 rute Harmoni – Lebak Bulus dan koridor 1 rute Blok M- Kota.

Mengenai dana pengadaan bus tersebut, dia menjelaskan sekitar Rp221 miliar. “Transaksi pembayaran ke Zhongtong dilakukan dimulai ketika bus dioperasikan. Jadi pabrik Zhongtong mengirim kemari dengan menanggung seluruh biaya. Sedangkan DAMRI tidak keluar duit sepeser pun,” tegasnya.

Perihal duit untuk pengadaan bus, Agus mengemukakan sejauh ini lembaga perbankan besar berminat. “Tetapi yang sudah tinggal teken kontrak ya Bank BRI. Bank yang lainnya akan kami alokasikan untuk mendanai bus Zhongtong berikutnya. Kamis sudah pesan 50 bus lagi dari sana,” ujarnya.

SEKILAS ZHONGTHONG
Dari website zhongtong.com diketahui bahwa industri otomotif tersebut berdiri sejak tahun 1958 dan telah listing di bursa saham Shenzhen Stock Exchange sejak tahun 2000.

Dalam mengembangkan teknologi bus, pabrik ini bekerjasama dengan Dutch BOVA Company. Selain digunakan untuk keperluan Beijing Olympic Games pada tahun 2008, bus ini juga digunakan di Marokko. Zhongtong kini membuat bus hybrid.(agus wahyudin).