Angkasa Pura 2

Merpati Kembali Terbangi Jayapura-Wamena

KokpitKamis, 22 November 2012
Merpati

JAKARTA (beritatrans.com) – Setelah ditinggal sejak tahun 2000, PT. Merpati Nusantara Airlines akan kembali menerbangi rute Jayapura – Wamena. Rencananya, Merpati akan melayani rute tersebut setiap hari satu kali pilang pergi dengan pesawat baru MA 60.

“Sudah hampir dua belas tahun rute ini tidak diterbangi oleh Merpati Nusantara Airlines karena keterbatasan armada yang dimiliki,” kata Vice President Corporate Secretary & Legal PT Merpati Nusantara, Herry Saptanto melalui siaran pers yang dikirim ke beritatrans.com di Jakarta, Kamis (22/11).

Herry Saptanto mengatakan, sebenarnya pada tahun 2006 – 2007, rute tersebut sempat berjalan kembali lewat kerjasama antara Merpati dengan pemda Tolikara untuk pesawat kargo dengan menggunakan pesawat Foker 27.

“Untuk keberangkatan penerbangan dari Bandara Sentani Jayapura, Merpati Nusantara Airlines akan terbang pukul 10.10 WIT. Selanjutnya dari, Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pesawat MA60 Merpati Nusantara akan terbang kembali pukul 11.40 WIT menuju Bandara Sentani Jayapura,” ujar Herry Saptanto.

Herry Saptanto mengakui, rencana melayani kembali penerbangan Jaya Pura – Wamena tersebut sedikit terlambat.

“Semula kami merencanakan sudah bisa melayani rute ini pada awal bulan Oktober 2012 lalu,” ungkapnya.

Herry Saptanto menambahkan, pada penerbangan menuju kabupaten Wamena yang indah dan unik, pesawat MA60 terbaru Merpati harus menghadapi cuaca pegunungan yang mudah berubah-ubah. Selain itu penerbangan juga akan melalui Celah Baliem yang cantik, dimana bila sedang tertutup kabut,celah tersebut tidak bisa dilalui pesawat.

“Dengan menggunakan pesawat MA60 yang dilengkapi dengan instrumen dan system navigasi yang modern, serta menggunakan system komputerisasi yang canggih, dan pilot-pilot yang andal dan berpengalaman untuk daerah Papua, para pelanggan Merpati akan merasa aman dan nyaman terbang bersama Merpati Nusantara Airlines. Selain itu, Pesawat Merpati MA60 yang berkapasitas 56 penumpang, memang sengaja di design untuk menerbangi wilayah Timur Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut Herry juga menjelaskan bahwa, tujuan PT Merpati Nusantara Airlines untuk kembali membuka rute Jayapura-Wamena, adalah untuk mengoptimalisasi penggunaan pesawat, serta membantu Pemerintah Indonesia dalam pembangunan untuk menghantarkan masyarakat dari daerah yang satu ke daerah yang lainnya.

“Kami akui, bahwa potensi penumpang untuk rute Jayapura – Wamena cukup bagus, apalagi Wamena merupakan kota transit ke beberapa kabupaten lain yang ada di daerah Pegunungan Tengah Papua. Maka, untuk mendukung pembukaan kembali rute ini, Merpati juga akan memberlakukan tarif promo. Kami akan menawarkan harga tiket pesawat untuk rute Jayapura – Wamena dengan harga dari basic fare Rp799.000 dan untuk rute dari Wamena – Jayapura dengan harga Rp580.000,” pungkas Herry Saptanto. (aliy)