Angkasa Pura 2

Menhub Buka STOM ASEAN ke-34

DermagaSenin, 26 November 2012
ASEAN STOM

BALI (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan EE Mangindaan membuka secara resmi The 34th ASEAN Senior Transport Officials Meeting (34th ASEAN STOM) yang berlangsung di Nusa Dua, Bali. Menhub juga dijadwalkan menjadi Chairperson pertemuan The 18th ASEAN Transport Ministers Meeting pada 29-30 November 2012 di tempat yang sama.

ASEAN STOM merupakan pertemuan tingkat pejabat senior bidang transportasi negara-negara ASEAN yang dilaksanakan dua kali dalam setahun secara bergiliran di negara-negara anggota ASEAN. Sebelumnya, Indonesia juga menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan ASEAN STOM ke-33 di Bandung, Jawa Barat pada 22-24 Mei 2012.

Pertemuan ASEAN STOM ke-34 ini membahas isu konektivitas transportasi bidang perhubungan darat, laut, dan udara antar negara ASEAN. Untuk bidang perhubungan darat, pertemuan akan membahas mengenai hasil pertemuan ke-3 ASEAN Multisector Road Safety Special Working Group (MRSSWG) yang diselenggarakan pada 3 Juli 2012 di Vientiane-Laos; perkembangan pelaksanaan Singapore-Kunming Rail Link (SKRL) Project; ASEAN Highway Network Project; dan proyek efisiensi energi dan mitigasi perubahan iklim dalam sektor transportasi darat.

Pertemuan pejabat senior bidang perhubungan laut akan membahas mengenai ASEAN Single Shipping Market (ASSM); Master Plan Study and Feasibility Study on the Establishment of an ASEAN Roll-On/Roll-Off (ro-ro) Shipping Network and Short Sea Shipping; membahas perjanjian terbaru untuk Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seaferers (STCW) in ASEAN Near Coastal Voyages (NCV) Limits; ASEAN Search and Rescue (SAR) Expert Group Meeting; Project proposal on Sustainable Port Development in The ASEAN Region-Phase II; serta update kerjasama IMO-ASEAN.

Sementara itu pada sektor perhubungan udara, pertemuan akan membahas mengenai finalisasi Paket ke-8 Komitmen Bidang Pelayanan Jasa Angkutan Udara (The 8th Package of Commitments on Air Transport Services) yang berada di bawah kerangka ASEAN Framework Agreement on Services; ASEAN Single Aviation Market (ASAM) yang didalamnya termasuk mengenai kerjasama bidang ekonomi dan teknis; serta perkembangan perjanjian bidang angkutan udara dengan partner dialog yaitu Cina, Jepang dan Republic of Korea (ROK).

Agenda terakhir pertemuan ASEAN STOM ke-34 adalah pembicaraan dengan negara-negara mitra wicara seperti Cina, Jepang, dan Republik Korea. Pembahasan dengan Cina antara lain mengenai adopsi hasil rekomendasi The 8th Meeting of the ASEAN-China Maritime Consultation Mechanism yang dilaksanakan pada30-31 October 2012 diZhuhai, China. Pembicaraan dengan Jepang antara lain membahas ASEAN-Japan Transport Partnership Work Plan for 2012-2013. Pembicaraan dengan Republik Korea akan membahas rencana agenda pertemuan The 4th STOM+Republic of Korea dan The 4th ATM Republic of Korea.

Sementara itu, Pertemuan Tingkat Menteri Transportasi se-ASEAN ke-18 (18th ATM) tahun ini akan membahas Laporan Pertimbangan dan Adopsi Pertemuan ASEAN STOM ke-33 dan 34; Laporan Pertimbangan The Fourth ASEAN Transport Coordinating Board (TTCB); serta Persiapan Pertemuan ATM dengan Mitra Wicara seperti dengan Cina, Jepang, dan Republik Korea. Selanjutnya, Laos akan menyampaikan informasi mengenai lokasi dan tanggal Pertemuan Tingkat Menteri Transportasi se-ASEAN dan pertemuan terkait selanjutnya pada tahun 2013. (Furqon)