Angkasa Pura 2

Rabu, Arus Lalu Lintas Bandara Soekarno-Hatta Dialihkan

BandaraTuesday, 27 November 2012

TANGERANG (beritatrans.com) – Arus lalu lintas di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang akan dialihkan sementara, Rabu (28/11). Pengalihan tersebut terkait dengan dijadikannya kawasan hutan kota Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai lokasi peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2012.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan IBu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono dijadwalkan hadir dalam perhelatan tersebut.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Tri S Sunoko mengaku bangga dengan terpilihnya Bandara Soekarno-Hatta sebagai lokasi peringatan HMPI – BMN 2012 yang digagas Kementerian Kehutanan RI tersebut.

”Program ini sejalan dengan konsep pengembangan Bandara Soekarno-Hatta yang tengah kami jalankan saat ini, yaitu menjadikan bandara ini sebagai bandara ramah lingkungan atau eco airport yang mengedepankan konsep tata ruang hutan kota,” katanya, Selasa (27/11).

Menurut Tri Sunoko, pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hingga acara selesai. Seluruh pengguna jasa bandara maupun masyarakat yang memanfaatkan jalan di dalam area Bandara Soekarno-Hatta untuk menuju Jakarta maupun sebaliknya, diimbau untuk mengikuti petunjuk dan arahan dari petugas pengatur lalu lintas di lapangan guna mengantisipasi penumpukkan arus kendaraan.

Menurutnya, akan ada sekitar 1200 personel gabungan TNI, Polri dan petugas Angkasa Pura II yang akan membantu masyarakat dan seluruh pengguna jasa, baik untuk pengamanan maupun mengantisipasi kemacetan selama acara berlangsung.

”Tidak akan ada penutupan gerbang M1 Bandara Soekarno-Hatta selama penyelenggaraan penanaman pohon. Jadi, kalau ada informasi semacam itu dan mengatakan akan terjadi macet besar-besaran di Bandara Soekarno-Hatta, mohon agar diabaikan,” tegas Tri Sunoko.

Namun, Tri Sunoko menambahkan, potensi akan adanya imbas terhadap kelancaran terhadap arus lalu lintas tetap akan ada. Oleh karenanya, khusus kepada warga masyarakat yang bukan pengguna jasa bandara, diimbau untuk mendahulukan kepentingan pengguna jasa dengan memanfaatkan rute di luar bandara dari Tangerang menuju Jakarta maupun sebaliknya.

”Sehingga pengguna jasa yang akan terbang melalui Bandara Soekarno-Hatta, karena rencana pengalihan arus akan diberlakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai,” imbuhnya.

Adapun skenario pengalihan arus lalu lintas di Bandara Soekarno-Hatta selama acara HMPI-BMN 2012, sebagai berikut:

1. Seluruh kendaraan yang menuju Jakarta melalui Jl P2 dialihkan melalui belakang Kantor Otorita Bandara dan berbelok ke kanan, lalu turun di samping Tower ATC, berbelok ke kanan menuju Jl C4 dan mengarah ke Terminal 3 untuk keluar di Jembatan Billy / SPBU.

2. Kendaraan dari arah Tangerang (JL. M1) menuju Jakarta melintas JL. C4 (Es Teler 77) belok kiri menuju Jl P2 dan lanjut ke arah Jakarta.

3. Kendaraan dari arah Tangerang (Jl. M1) menuju Jakarta melintas Jl. C4 hingga Bundaran Prasasti, kemudian berbelok kiri dan masuk arah Terminal 3 dan berbelok ke kanan menuju Jalan P2 melalui Jembatan Billy / SPBU.

4. Kendaraan dari arah Terminal Kargo menuju Jakarta diarahkan melalui Terminal 3, kemudian ke Jalan P2 keluar Jembatan Billy / SPBU.

5. Kendaraan dari arah Terminal 3 seluruhnya di arahkan menuju Jembatan Billy / SPBU (satu arah).

6. Akses arah Jakarta dari arah Terminal 2 di arahkan ke kanan mengarah jalan Tower bawah, dan lanjut mengarah jalan ke Terminal 3 menuju Jembatan Billy / SPBU.

Dijelaskan Tri Sunoko, PT Angkasa Pura II saat ini tengah melakukan proses pengembangan terhadap Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kapasitas dari 22 juta penumpang per tahun menjadi 87juta penumpang per tahun. Adapun konsep yang diusung dalam pengembangan tersebut adalah ”Modern Airport with Traditional Flavor”, yang akan mengedepankan konsep lansekap hutan kota. Prosesi ground breaking yang menandai dimulainya pengembangan Bandara Soekarno-Hatta dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2 Agustus 2012.

Pada acara peringatan tersebut akan ditanam sedikitnya 3000 pohon dari aneka jenis tanaman. Di antaranya pohon Manglid, Sempur, Tanjung, Kenari, Cempaka, Sawo Kecik, Ketapang, Filicium, Bintaro, Mahoni dan Pulai. Selain Presiden dan Ibu Negara, Wakil Presiden Boediono beserta Istri, Hj. Herawati Boediono, juga dijadwalkan hadir dalam acara peringatan HMPI – BMN 2012. Termasuk Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan selaku penggagas acara, Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah, Ketua MPR RI Taufik Kiemas, Ketua DPR RI Marzuki Alie, serta Ketua DPD RI Irman Gusman. (aliy)