Angkasa Pura 2

Radar Bandara Soekarno-Hatta Kembali Berfungsi Normal

BandaraMinggu, 16 Desember 2012
Tower Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA (beritatrans.com) Setelah mengalami masalah akibat listrik di Bandara Soekarno-Hatta mati sejak sekitar pukul 16.55 WIB, radar bandara internasional kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut kembali berfungsi normal. Pesawat-pesawat yang sebelumnya sempat mengalami hambatan untuk take off dan landing, kini sudah tidak ada masalah.

“Sekarang fungsi radar sudah normal, penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta pun sudah berjalan seperti biasa,” kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) II, Trisno Heryadi, kepada beritatrans.com, Minggu (16/12).

Trisno Heryadi memastikan radar Bandara Soekarno-Hatta telah pulih kembali sekitar pukul 19.10 WIB. “Untuk informasi lebih lanjut dan lebih detil, silahkan menghubungi GM ATS (General Manager Air Traffic Service, red) Budi Hendro,” katanya.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, GM ATS Bandara terbesar di Indonesia itu belum bisa dihubungi. Bahkan pesan singkat yang dikirim beritatrans.com kepadanya belum juga mendapat balasan.

Trisno Heryadi

Trisno Heriyadi menuturkan listrik di Bandara Soekarno-Hatta sempat mati pada pukul 16.55 WIB. Namun sekitar 15 menit kemudian, yakni sekitar pukul 17.10 WIB, listrik kembali hidup. Sayangnya, meski listrik telah pulih seperti sedia kala, operasional radar masih belum bisa berfungsi secara normal. Akibatnya, puluhan pesawat tidak bisa terbang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta secara normal. Bahkan tidak sedikit pesawat yang return to base ke bandara asalnya.

“Sesuai regulasi, seluruh pesawat dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta distop terlebih dulu. Dampaknya tentu saja banyak penerbangan yang terlambat,” ujarnya. (ali)