Angkasa Pura 2

Pelayanan Gambir-Lampung Terus Membaik, Kepala Dishub DKI Tetap Dukung DAMRI

KoridorJumat, 21 Desember 2012
DRC Lampung 3

JAKARTA (beritatrans.com) – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengaku bangga dan sangat bergembira atas upaya peningkatan pelayanan terhadap penumpang oleh DAMRI Gambir-Lampung. Untuk itu ia berjanji akan terus memberikan dukungan penuh kepada DAMRI untuk tetap melayani rute tersebut.

“Saya bangga dan sangat gembira atas pelayanan DAMRI Gambir-Lampung ini. Setiap tahun terlihat semakin baik, bahkan sangat baik. Kami akan terus mendukung dan memberikan kemudahan-kemudahan dalam berbagai hal, termasuk soal perizinan,” kata Udar Pristono kepada wartawan saat turut meresmikan operasi perdana DAMRI Royal Class Gambir-Lampung di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (21/12).

Kabin Mewah DAMRI Royal Class

Udar Pristono mengatakan, DAMRI merupakan perusahaan angkutan bus yang paling lengkap untuk menjadi perusahaan yang baik dan maju. DAMRI telah memiliki sarana, prasarana, dan menajemen yang baik sebagai operator bus.

“Tiga syarat itu merupakan hal yang paling pokok agar perusahaan bisa melayani penumpang dengan baik. Dan ketiga-tiganya saya melihat sudah ada di DAMRI. Jadi DAMRI patut dicontoh oleh operator-operator angkutan lain,” katanya.

Kadishub DKI Jakarta Udar Pristono memecahkan kendi

Menurut Udar Pristono, layanan DAMRI dari Stasiun Gambir ke Lampung sangat membantu mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya. Selain itu, DAMRI Gambir-Lampung merupakan salah satu contoh model moda transportasi yang terintegrasi.

“Penumpang yang naik dan turun dari Stasiun Gambir, bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Lampung dan Bandara Soekarno-Hatta. Apalagi dengan pelayanan seperti sekarang ini, pasti banyak penumpang yang memilih DAMRI,” ujarnya.

Dirut Perum DAMRI Ir Agus Suherman Subrata MBA memberi sambutan

Direktur Utama Perum DAMRI Ir Agus Suherman Subrata MBA mengaku sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono atas keberadaan DAMRI yang melayani penumpang dari Stasiun Gambir ke Lampung.

Menurutnya, Damri Royal Class yang baru saja diluncurkan ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan terhadap para pelanggan yang tetap setia menggunakan jasa DAMRI Gambir-Lampung. Armada ini memiliki perbedaan dengan armada Damri yang sebelumnya, baik dari fasilitas, kenyamanan, serta keamanan yang ditawarkan.

“Pelanggan itu raja, kita akan melayani pelanggan seperti raja,” kata Agus.

Ketua Dewan Pengawas Perum DAMRI Ir Cucuk Suryosoeprodjo (kiri) memotong pita

Kenyamanan yang diberikan DAMRI Royal Class sudah terlihat dari kapasitas kursi yang tersedia. Biasanya sebuah bus DAMRI berisi 47 kursi, pada DAMRI Royal Class hanya berisi 21 kursi saja. Kursinya pun terlihat lebih panjang, lebar, dan empuk.

“Kami memang sengaja mengurangi kapasitas kursi untuk kenyamanan penumpang,” ujar Agus.

Didalam bus ini pun tersedia banyak fasilitas yang dapat dinikmati penumpang. Selain dilengkapi AC, ada juga Audio/video, WiFi, Karaoke, Toilet dan mini bar. Di mini bari tersebut penumpang dapat menikmati kopi ataupun teh secara gratis.

Dirut Perum DAMRI Ir Agus Suherman Subrata MBA di dampingi Kadishub DKI Jakarta Udar Pristono meninjau fasilitas DAMRI Royal Class

Kepala Stasiun DAMRI Bandar Lampung, Suparyan mengaku sangat berterima kasih kepada manajemen dan direksi yang terus memberikan dukungan kepadanya dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

“Dan pemberian 20 unit bus DAMRI Royal Class untuk dioperasikan di rute Gambir-Lampung ini merupakan dukungan yang sangat luar biasa dari kantor pusat,” katanya.

Ia mengakui, saat ini baru 10 unit yang diserahkan oleh kantor pusat untuk dioperasikan. “Rencananya 20 unit. Sekarang baru 10 unit dulu. Mudah-mudahan awal tahun depan, yang 10 unit lagi sudah bisa kami operasikan,” katanya.

Gagah dan Mewah

Suparyan berani menjamin, dengan hanya mengeluarkan Rp165 ribu, penumpang DAMRI Royal Class benar-benar akan merasa dimanjakan selama di perjalanan. Kabin yang mewah dengan berbagai fasilitas di dalamanya, bisa membuat penumpang betah berada di dalam.

“Ketika road test, meski kecepatan 140 km/jam laju bus tetap stabil dan mantap. Bahkan goncangan pun nyaris tak terasa,” ujar Suparyan.

Dengan alasan itulah maka kemudian Direktur Utama Perum DAMRI Ir Agus Suherman Subrata MBA mewanti-wanti pengemudi agar lebih hati-hati di jalan.

“Kepada para pengemudi DAMRI Royal Class, saya minta untuk lebih berhati-hati. Jangan terlena dengan kenyamanan selama berkendara. Keselamatan penumpang tetap menjadi yang utama,” kata Agus. (aliy/aw)