Angkasa Pura 2

Pelabuhan Merak Lancar, Penumpang Pejalan Kaki Masih Padat

DermagaSelasa, 25 Desember 2012
ASDP Merak 2

MERAK (beritatrans.com) – Kondisi lalu lintas kendaraan di Pelabuhan penyeberangan Merak terpantau lancar pada hari Natal 25 Desember 2012. Namun kondisi berbeda terjadi untuk penumpang pejalan kaki yang masih terpantau padat sejak pagi hari. Dari data yang diperoleh, jumlah penumpang yang menyeberang pada tanggal 24 Desember 2012 mencapai 7210 orang, atau lebih banyak 9 persen dari tahun sebelumnya pada hari yang sama yang hanya mencapai 6599 orang.

“Memang kebiasaan di Pelabuhan Merak seperti ini,penumpang pejalan kaki masih terus mengalir meskipun kendaraan sudah normal. Biasanya penumpang pejalan kaki ini tujuannya tidak jauh, mereka memanfaatkan hari libur saja,” ungkap Nana Sutisna, Manajer usaha Pelabuhan Merak, Selasa (25/12).

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang pejalan kaki tersebut, saat ini kapal dioperasikan sebanyak 27 kapal. Dengan jumlah tersebut, sambung Nana, kepadatan penumpang pejalan kaki bisa tertatasi. Selain itu, kapal yang beroperasi memiliki jumlah kapasitas yang cukup besar, sehingga bisa mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak.

Jumlah kendaraan di pelabuhan Merak memang terpantau menurun, namun kondisi tersebut jika dibandingkan hari biasa masih dalam tahap padat.

“Meskipun kendaaran di Pelabuhan Merak saat ini lancar, jika melihat data produksi sebenarnya kendaraan pribadi juga termasuk banyak. Jika dibandingkan dengan hari biasa kendaraan jumlah pribadi dua kali lipat lebih banyak hari ini. Namun dengan penerapan pola operasi kami yang mewajibkan percepatan bongkar muat, Alhamdulillah Pelabuhan lancar,” ujar Nana.

Sementara itu, salah seorang penumpang di Pelabuhan Merak, Rina, mengatakan dia biasa menyeberang melalui Pelabuhan Merak pada hari libur.

“Saya sama keluarga bisa menyeberang pada hari libur karena keluarga besar saya dekat, di daerah Bakauheni. Jadi satu hari bolak balik saja tidak masalah,” kata wanita asal Serang ini.

Dia juga mengukapkan, Pelabuhan Penyeberangan Merak saat ini sudah berbeda dengan yang sebelumnya. Yang terlihat jelas yakni kebersiha di area pelabuhan yang tampak bersih dari sebelumnya. Kemudian jadwal kapal juga tidak terlalu lama sandar di dermaga.

“Yang jelas kalau saya jalan menuju pelabuhan sudah tidak melihat ada antrian truk. Kalau dulu sering, sekarang saya tidak pernah lihat lagi,” ujarnya.

Sementara pantauan di pelabuhan Ketapang Banyuwangi pada tanggal 25 Desember 2012 pagi terlihat lengang. Hal serupa juga tampak di pelabuhan Sibolga. (hary)

loading...