Angkasa Pura 2

Musim Hujan, ASDP Janji Itamakan Keselamatan Penumpang

DermagaJumat, 11 Januari 2013
ASDP Merak 2

JAKARTA (beritatrans.com) – Musim penghujan dengan tingkat curah hujan cukup tinggi di beberapa daerah memberikan dampak pada ketinggian gelombang laut. Bahkan situs resmi BMKG menginformasikan peringatan dini akan adanya tingkat curah ujan dan kecepatan angin yang cukup tinggi di beberapa daerah salah satunya di Provisi Banten.

Cuaca buruk yang terjadi beberapa minggu terakhir ini juga memengaruhi arus penyeberangan di beberapa lintasan ASDP, khususnya di wilayah Timur. Gelombang tinggi yang mencapai 3,5 hingga 4 meter menyebabkan operasi penyeberangan terganggu.

“ASDP berkomitmen kepada keselamatan pengguna jasa sehingga penundaan penyeberangan yang sesuai instruksi dari syahbardar kami utamakan,” kata Christine Hutabarat, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry di Jakarta, Jumat (11/1).

Pada Rabu malam lalu, 9 Januari 2013, ASDP Cabang Merak melakukan penutupan Dermaga 4 dan 5 dikarenakan tinggi gelombang mencapai hampir 4 meter dengan kecepatan angin sebesar 40 knot.

“Penutupan tersebut kami lakukan demi keselamatan penyeberangan. ASDP mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Mudah-mudahan para pengguna jasa dapat mengerti situasi yang ada,” katanya.

Penutupan Dermaga di beberapa pelabuhan akan berdampak pada timbulnya penumpukkan kendaraan maupun penumpang.

“Kami sangat menyadari hal itu, oleh karenanya, selain penyiapan infrastruktur dan koordinasi semua pihak di pelabuhan, kami mengharapkan para mitra perusahaan pelayaran lainnya juga mempersiapkan armada yang dibutuhkan sesuai dengan rencana pola operasi yang ada. Dengan demikian, tidak terjadi penumpukkan dalam jumlah besar.”

Menurutnya, ASDP akan berupaya melakukan optimalisasi baik pada kondisi infrastruktur pelabuhan maupun armada yang ada. Dengan demikian akan mendukung kelancaran arus penyeberangan.

“Optimalisasi akan kami lakukan sebaik-baiknya,” ujar Christine. (aliy)

loading...