Angkasa Pura 2

Citilink Pesan 25 Airbus A320neo

KokpitSelasa, 15 Januari 2013
Citilink

JAKARTA (beritatrans.com) – Citilink, penerbangan biaya rendah milik Garuda Indonesia memesan 25 pesawat jenis A320neo. Hal itu merupakan pembelian langsung pertama Citilink dari Airbus. Sebelumnya, pemesanan pesawat untuk operasional Citilink kepada Airbus dilakukan melalui Garuda Indonesia pada 2011, yaitu sebanyak 15 pesawat jenis A320ceo dan 10 A320neo.

Saat ini Citilink telah mengoperasikan 12 buah A320s sewaan untuk melayani pasar domestik mereka yang tumbuh pesat.

“Pesawat A320 telah memainkan peranan penting dalam sukses yang diraih Citilink” ujar Arif Wibowo, Direktur Eksekutif Citilink.

“Biaya operasi yang rendah, waktu perputaran yang cepat dan kenyamanan untuk penumpang yang ditawarkan oleh A320 membuatnya sempurna untuk kebutuhan operasional Citilink. Dan kami berharap NEO akan memberikan efisiensi yang lebih baik lagi kedepannya,” lanjut Arif.

Chief Operating Officer, Customers Airbus, John Leahy mengatakan, pihaknya dengan senang hati menyambut Citilink sebagai pelanggan baru Airbus.

“Pemesanan ini menegaskan posisi varian A320 sebagai pilihan yang lebih diminati diseluruh dunia untuk pelayanan lengkap dan berbiaya rendah, baik dengan pilihan mesin yang ada sekarang dan terbaru,” katanya.

Varian A320 memberikan penghematan bahan bakar hingga 15 persen dengan adanya mesin baru dan ujung sayap berteknologi “sharklet”. Pengurangan bahan bakar tersebut sama dengan konsumsi 1.4 juta liter bahan bakar – setara dengan konsumsi 1,000 mobil ukuran sedang, menghemat 3,600 ton C02 per pesawat tiap tahunnya. Sebagai tambahan, Varian A320 akan menyediakan pengurangan emisi NOx dalam kisaran digit ganda dan pengurangan polusi suara.

Dengan hampir 8,900 pesawat yang dipesan dan lebih dari 5,300 diantaranya telah dikirimkan kepada 380 pelanggan dan operator diseluruh dunia, varian A320 menjadi varian pesawat lorong tunggal dengan penjualan terbaik. (aliy)

loading...