Angkasa Pura 2

Lion Terbang Sejam Setelah Gempa Guncang Aceh

BandaraTuesday, 22 January 2013

BANDA ACEH – Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-397 tujuan Jakarta terbang sekitar satu jam setelah usai gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter mengguncang Banda Aceh, Selasa (22/1). Pk. 05.22. Pesawat dengan 154 penumpang itu take off dengan mulus dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Pk. 06.27.

General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara SIM, HM Wasfan, mengemukakan penerbangan selanjutnya pun berlangsung normal. “Penerbangan Garuda, Lion dan maskapai lainnya lancar selancar-lancarnya. Alhamdulillah,” tuturnya kepada beritatrans.com.

Saat gempa mengguncang, dia mengemukakan memang sempat kaget waktu gempa dan khawatir akan menyebabkan kerusakan bangunan dan fasilitas bandara. “Tetapi seluruh pegawai PT Angkasa Pura II di bandara ini tak panik dan sudah siap dengan skenario antisipasi,” ujarnya.

Setelah digelar pengecekan seluruh bangunan dan fasilitas bandara, termasuk runway, Wasfan menjelaskan ternyata tidak ditemukan sedikit pun kerusakan. “Alhamdulillah, Allah SWT melindungi. Kami amat bersyukur,” ucap general manager bandara yang melayani 15 jadwal penerbangan oleh 5 maskapai tersebut.

PUSAT GEMPA
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi pada pukul 05.22 dengan kekuatan 6,0 Skala Richter. Pusat gempa berada 15 kilometer barat daya Kota Banda Aceh pada posisi 5.49 Lintang Utara, dan 95.21 Bujur Timur, dengan kedalaman 84 kilomeTER.(aw)