Angkasa Pura 2

PT Angkasa Pura I Minat Kelola Bandara di Majalengka

BandaraRabu, 30 Januari 2013
direksi ap1-edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Manajemen PT Angkasa Pura I menyatakan masih menaruh minat untuk investasi sekaligus mengelola bandara di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Kami masih berminat. Kami bahkan sudah membahas dengan Pemda Majalengka dan Pemda Jawa Barat. Dengan demikian, memang belum sampai tahap penandatanganan kerja sama,” ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo kepada beritatrans.com, Rabu (30/1/2013).

Hanya saja, Tommy Soetomo mengutarakan ada kabar bahwa lokasi bandara perlu dikaji lagi karena ada persoalan geografis, terutama struktur tanah. “Kami masih menunggu perkembangan terakhir,” ujarnya.

Menyinggung tentang pembangunan bandara di Kabupaten Karawang, dia menegaskan sejauh ini manajemen PT Angkasa Pura I belum berminat. “Biar PT Angkasa Pura II saja yang garap,” tuturnya.

800 JUTA DOLAR
Sebelumnya, Menteri Perhubungan EE Mangindaan menyatakan pemerintah akan lebih dahulu membangun bandara di Majalengka ketimbang. Kementeria Perhubungan sudah menggelontorkan anggaran untuk persiapan pembangunan Bandara Kertajati.

Bandara yang diperkirakan menelan dana investasi US$ 130-800 juta. Tahapan target pengerjaan proyek ini antaralain persiapan proyek oleh Pemda Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan sejak 2011.

Kemudian pada tahun ini masuk tahap pra studi kelayakan dan mencari investor, diharapkan akhir tahun ini sudah masuk tender. Tahun 2014 mulai masuk tahap penandatanganan kontrak, dilanjutkan konstruksi hingga 2016 dan pada tahun itu juga sudah bisa beroperasi.

Data di Dinas Perhubungan Jawa Barat memperlihatkan bandara internasional itu akan berdiri di lahan seluas 4.000 meter persegi. Bandara Majalengka tersebut diperuntukkan hanya untuk penerbangan sipil, tidak termasuk militer. (aw).