Angkasa Pura 2

Kecelakaan Kapal Pesiar Tewaskan Tiga WNI

DermagaSelasa, 12 Februari 2013
Kecelakaan Kapal Pesiar

SEPANYOL (beritatrans.com) – Tiga awak kapal asal Indonesia meninggal dunia dalam kecelakaan kapal pesiar di Kepulauan Kenari, Spanyol.

Koresponden BBC di Madrid, Tom Burridge, melaporkan Selasa (12/2/2013), kecelakaan terjadi saat awak kapal pesiar Thomson Majesty yang berkebangsaan Indonesia, Filipina dan Ghana melakukan latihan penyelamatan dengan sekoci darurat.

Namun sekoci itu jatuh ke laut dari ketinggian antara 20 hingga 30 meter dalam posisi terbalik dan menewaskan kelima awaknya. Tiga orang lainnya terluka. Kapal saat ini masih berada di pelabuhan pulau La Palma, salah satu pulau yang membentuk Kepulauan Kenari.

Kantor berita Press Association melaporkan bahwa operator kapal, sebuah perusahaan wisata berbasis di Inggris Thomson Cruises mengatakan sekitar 1.400 penumpang berada di kapal saat kecelakaan terjadi. Latihan penyelamatan tersebut tidak melibatkan penumpang.

Tim penyidik telah dikirim ke lokasi untuk mencari penyebab jatuhnya sekoci ke laut.
BBC Indonesia belum berhasil menghubungi pihak Kementerian Luar Negeri atau Kedutaan Besar Indonesia di Madrid untuk dimintai keterangan.

Sementara itu juru bicara Thomson Cruises mengatakan, “Kami bekerja sama dengan pemilik kapal dan para manajer untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan memberi bantuan bagi para korban.

“Kami juga bekerja sama dengan aparat berwenang dan membantu penyelidikan mereka.”

Kecelakaan ini terjadi 13 bulan setelah industri kapal pesiar dikejutkan dengan tragedi di kapal Costa Concordia yang menewaskan 32 orang. (BBC)