Angkasa Pura 2

GMF AeroAsia-NOK Air Perkuat Kerjasama Perawatan Pesawat

KokpitKamis, 14 Februari 2013
GMF Aeroasia

JAKARTA (beritatrans.com) – PT GMF AeroAsia dan NOK Air, low cost carrier dari Thailand, memperkuat kerjasama perawatan pesawat untuk mendukung operasional maskapai berbiaya murah yang sedang berkembang ini. Penguatan kerjasama ini, salah satunya dilakukan dengan menghadiri serah terima dua pesawat NOK Air yang telah menjalani perawatan di GMF AeroAsia.

Dalam seremoni redelivery pesawat B737-800 NG dengan registrasi SH-DBK dan HS-DBJ ini, CEO NOK Air, Petee Sarasin dan Director of Quality Assurance NOK Air, Rungsum Lamuboi datang ke GMF AeroAsia di kawasan Bandar Udara Soekarno-Hatta Cengkareng, Kamis (14/2/2013).

“Kerjasama antara GMF AeroAsia dan NOK Air sudah terjalin sejak beberapa tahun terakhir,” kata Direktur Utama GMF AeroAsia, Richard Budihadianto.

Kerjasama ini tidak terbatas pada perawatan pesawat, namun juga pengembangan kompetensi teknisi NOK Air melalui beberapa training dengan instruktur dari GMF AeroAsia. Kepercayaan yang didapatkan GMF AeroAsia dalam jangka waktu yang panjang ini menunjukkan kepuasan customer terhadap kualitas produk dan layanan GMF yang ditingkatkan dari waktu ke waktu. Kepercayaan dari regional customer ini diharapkan memperkuat penetrasi pasar GMF di kawasan Asia Tenggara.

Menurut Richard Budihadianto, kerjasama perawatan pesawat antara GMF AeroAsia dan NOK Air secara resmi ditandatangani di arena Singapore Airshow 2012 pada 17 Februari 2012. Dua pesawat yang menjalani perawatan ini merupakan bagian dari perjanjian yang telah disepakati tahun lalu. Sedangkan item-item perawatan yang dilaksanakan berdasarkan permintaan NOK Air dan kapabilitas yang dimiliki oleh GMF.

“Selama ini, permintaan NOK Air selalu dapat kami penuhi,” katanya.

Beberapa pesawat NOK Air yang telah menjalani perawatan di GMF AeroAsia selama ini adalah pesawat B737-Series.

Richard Budihadianto mengatakan kepercayaan NOK Air ini semakin memperkuat citra GMF sebagai perusahaan perawatan pesawat berkualitas yang diakui dunia internasional. Selain NOK Air, GMF telah melaksanakan perawatan pesawat sejumlah airlines asal Thailand. Salah satunya adalah Phuket Air.

“Pasar Thailand cukup strategis untuk memperkuat penetrasi pasar GMF di kawasan Asia Tenggara,” katanya.

Karena itu, produk yang ditawarkan GMF tidak sekadar perawatan pesawat, tapi juga training-training pengembangan kompetensi teknisi pesawat yang tergolong profesi yang masih sangat dibutuhkan di berbagai negara.

Untuk memperkuat penetrasi pasar ini, GMF juga mengembangkan kapabilitas dan kapasitasnya seperti membangun hangar baru untuk pesawat narrow body. Pengembangan dilakukan dengan menguasai perawatan pesawat-pesawat tipe terbaru seperti B737-NG dan A320. Tipe pesawat ini paling banyak digunakan maskapai di dalam maupun luar negeri karena tergolong efisien dalam penggunaan fuel.

“Tipe pesawat ini juga dikenal lebih ramah lingkungan,” katanya. (aliy)