Angkasa Pura 2

Bersama Etihad, Garuda Perluas Penerbangan ke Eropa dan Timur Tengah

KokpitMinggu, 17 Februari 2013
Etihad

JAKARTA (beritatrans.com) – Sebagai bagian dari program perluasan jaringan penerbangan, Garuda Indonesia melalui kerjasama codeshare agreement dengan Etihad Airways, menambah layanan penerbangan ke enam destinasi baru di Eropa dan Timur Tengah yang dilayani maskapai penerbangan Uni Emirat Arab tersebut, yaitu Frankfurt, Brussels, Milan, Dusseldorf, Munich, dan Bahrain, mulai Januari 2013 ini.

Dengan penambahan enam destinasi baru tersebut, hingga saat ini Garuda Indonesia telah menjadi “marketing carrier” untuk 13 destinasi yang dilayani Etihad Airways. Ketujuh kota lainnya adalah Abu Dhabi, London, Paris, Manchester, Moskow, Athena, dan Muscat. Penerbangan ke-13 destinasi tersebut dilayani Garuda Indonesia melalui hub Abu Dhabi.

Sementara itu, Etihad Airways hingga saat ini telah menjadi “marketing carrier” untuk 7 destinasi yang dilayani oleh Garuda Indonesia, yaitu Denpasar, Manado, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Amsterdam, dan Abu Dhabi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menyambut baik perluasan jaringan penerbangan antara Garuda Indonesia dengan Etihad Airways melalui kerjasama codeshare tersebut yang mencakup destinasi-destinasi di Indonesia, Eropa, Timur Tengah, dan Australia.

“Kerjasama codeshare yang ditandatangani sejak Oktober 2012 lalu telah berkontribusi signifikan dalam mempermudah akses para penumpang Garuda Indonesia dari Indonesia menuju 80 destinasi di 50 negara di dunia yang dilayani Etihad Airways,” ujar melalui keterangan pers, Minggu (17/2).


Penerbangan Tercepat

Mulai Juni 2013 Garuda Indonesia akan melayani penerbangan Jakarta – Perth yang juga akan menjadi penerbangan codeshare antara Garuda Indonesia degan Etihad. Jadwal penerbangan ini akan disesuaikan dengan penerbangan dari dan menuju Abu Dhabi untuk memudahkan akses penumpang Garuda Indonesia dan Etihad Airways dari Timur Tengah, Eropa, dan beyond menuju Australia bagian barat maupun sebaliknya.

President dan CEO Etihad Airways James Hogan menambahkan, kerjasama antara Etihad Airways dan Garuda Indonesia terus berkembang dan memberikan keuntungan yang signifikan bagi para pengguna jasa kedua maskapai, melalui peningkatan jaringan penerbangan dan konektivitas antar kota serta fleksibilitas jadwal penerbangan.

“Kerjasama ini tidak hanya dapat meminimalisir waktu tempuh dari dan menuju berbagai destinasi favorit penumpang menjadi hingga di bawah tiga jam, tapi melalui kerjasama ini penumpang juga dimungkinkan untuk menikmati layanan penerbangan dengan waktu tempuh tercepat antara Jakarta, Manchester, Jenewa, dan Brussel,” kata Hogan.

Di samping itu, Hogan mengungkapkan, kerjasama strategis tersebut telah memberikan akses bagi Etihad Airways menuju enam juta wisatawan potensial di Indonesia sekaligus memperat kerjasama komersial di antara Indonesia dan negara-negara Timur Tengah di sektor minyak dan gas bumi maupun industri pertambangan di kedua wilayah.

Kerjasama codeshare antara Garuda Indonesia dan Etihad Airways berlaku efektif mulai tanggal 28 Oktober 2012 lalu. Melalui kerjasama ini, penumpang Garuda Indonesia dari berbagai kota di Indonesia akan terhubung dengan lebih dari 80 destinasi Etihad Airways di 50 kota di dunia. Garuda Indonesia akan menjadi “marketing party” dan dapat menjual tiket penerbangan ke lebih dari 27 kota destinasi menarik Etihad Airways di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Afrika.

Melalui kerjasama ini, para penumpang Etihad Airways juga akan terhubung dengan jaringan penerbangan Garuda Indonesia di Wilayah Indonesia, Asia, Australia dan Jepang. Etihad Airways juga bertindak sebagai “marketing party” dan dapat menjual tiket Garuda Indonesia untuk rute – rute seperti Jakarta – Kuala Lumpur, Jakarta – Abu Dhabi, dan ke kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Denpasar, Manado, Makassar, dan Balikpapan (dari Jakarta). (aliy)